07 September 2018

Saatnya Pelaku UKM Melek Digital dan Rapi Dalam Pembukuan

Digital Breakfast #5 Solusi UKM di Bandung
Digital Breakfast #5 Solusi UKM di Bandung
Perlahan tapi pasti dunia dikuasai dengan teknologi digital yang semakin canggih dan memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Sebagai contoh yang bisa dirasakan saat ini adalah berbagai transaksi bisa dilakukan dengan cara online, dari mulai belanja, transportasi, bayar tagihan dan yang lainnya.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan layanan online ini membuat orang semakin malas, karena semuanya bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus ke luar rumah, atau bisa juga melakukannya di sela-sela waktu kerja. Salah satu layanan transaksi online yang paling banyak peminatnya adalah online shop.

Tren belanja online tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memasarkan produknya melalui layanan internet, baik itu sosial media, website dan beberapa marketplace ternama. 

Jualan online memang sangat menjanjikan dan tidak sedikit pelaku UKM yang berhasil meraup keuntungan dari berdagang di dunia maya. Olshop memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan produknya dan target market-nya pun sangat luas karena bisa menjangkau ke seluruh dunia.

Selain itu, keunggulan dari bisnis online adalah tidak membutuhkan outlet untuk berjualan, sehingga tidak ada biaya sewa outlet, dan ini bisa mengurangi beban pengeluaran dalam berbisnis.

Saat ini penjualan produk melalui online shop di Indonesia berkembang cukup pesat, karena jumlah masyarakat yang melakukan pembelian online semakin meningkat dalam setiap tahunnya. Namun selain pembelinya yang bertambah, penjualnya pun turut bertambah pula, sehingga persaingan dalam bisnis e-commerce ini semakin ketat dan tidak semua pengusaha UKM online bisa memenangi persaingan tersebut.

Ditambah lagi masih banyaknya pelaku bisnis online yang belum mengetahui tren bisnis di e-commerce yang sangat cepat berubah, sehingga memaksa pelaku usaha mengikuti zaman agar tidak ditinggalkan oleh customer-nya. Satu lagi yang menjadi penyebab gagal bersaing dalam jualan online adalah karena pelaku UKM belum memiliki pembukuan yang rapi, karena dengan pembukuan tersebut kesehatan sebuah perusahaan/bisnis bisa terpantau.

Peserta diskusi Solusi UKM Bandung
Peserta diskusi Solusi UKM Bandung
Nah, untuk mengatasi permasalahan yang dialami para pelaku UKM tersebut maka Solusi UKM, Accurate Online, dan Coconut Indonesia menyelenggarakan diskusi “Digital Breakfast #5” bersama para pelaku UKM Bandung, yang bertempat di Lo.ka.si CafĂ©, Jln. Ir. H. Juanda No.92, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (07/09/2018).

Para pelaku UKM Bandung sangat antusias untuk mengikuti acara ini, terbukti mereka sudah antri sejak pagi sebelum registrasi ulang dimulai. Menggali ilmu e-commerce memang sangat penting untuk kelancaran dalam berbisnis online. Apa lagi diskusi kali ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Kunto Wiyoga, selaku Strategic Director Panenmaya Group, dan Lukman Bijak Bestari , sebagai Product Manager Accurate.

Dalam sharing session bersama para pelaku UKM Bandung ini membahas tentang kemitraan untuk membantu pelaku UKM bisa melek digital dan survive di tengah persaingan ketat serta memberikan solusi rapi dalam pembukuan.

Menurut Kunto Wiyoga, untuk menjadi seorang entrepreneur digital tidak perlu menjadi Superman, tapi jadilah Avenger. Dalam arti produsen tidak harus selalu memiliki online shop sendiri untuk memasarkan produknya, melainkan bisa bermitra dengan olshop/marketplace lain. Bermitra atau bekerjasama lah dengan ahlinya, jadilah Superteam yang handal, bukan jadi Superman.

Bermitra dengan beberapa marketplace ternama di Indonesia merupakan cara yang paling mudah untuk menjadi seorang pebisnis online. Terbukti dengan adanya penyedia layanan jualan online ini mampu menarik banyak visitor, bahkan mampu mengalihkan sistem jual beli yang awalnya dilakukan secara konvensional menjadi digital.

Bahkan yang dulunya sering belanja di Mall adalah kaum wanita, dengan adanya fasilitas belanja online ini para lelaki pun bisa shoping tanpa harus merasa gengsi seperti saat belanja di Mall atau pasar. Ini sebuah perubahan yang sangat luar biasa, atau mungkin bisa dikatakan sebagai emansipasi laki-laki dalam belanja. Lebih uniknya lagi sebuah statistik membuktikan bahwa yang belanja di Tokopedia dan Bukalapak didominasi oleh pria, sementara marketplace lainnya masih dikuasai oleh wanita.

Peluang menjadi entrepreneur digital terbuka untuk siapapun yang memiliki keinginan untuk berbisnis di dunia maya, namun siapa pun yang akan terjun dalam dunia jualan online ini harus bisa bertahan dalam persaingan yang super ketat. Lalu bagaimana agar para UKM bisa bersaing dalam bisnis online?

Nah, SolusiUKM sebagai rumah digital pelaku Usaha Kecil Menengah, kerjasama dengan Coconut Indonesia untuk membantu para pelaku UKM di Indonesia supaya siap menghadapi perubahan tren e-commerce dan bertahan di tengah persaingan bisnis digital yang ketat sekaligus bisa rapi pembukuan dan bisa digital asset.

Solusi UKM dan Coconut Indonesia melihat, masih banyak pelaku UKM yang sudah sukses berjualan, namun belum bisa merasakan hasilnya, itu terjadi karena mereka belum memiliki pembukuan yang rapi. Nah dengan menguasai pembukuan yang rapi inilah pelaku usaha bisa dengan mudah mengetahui kapan dia profit dan luar biasanya dengan tools canggih Accurate Online, semua bisa dilakukan secara online dan realtime.

Accurate Online
Pic by Accurate.id
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu para penggiat UKM & UMKM untuk menuntaskan masalah laporan keuangan. Aplikasi pembukuan online ini mampu menyajikan berbagai jenis laporan keuangan yang dibutuhkan untuk menunjang operasional usaha secara instant setelah meng-input pemasukan dan pengeluaran.

Tools canggih Accurate Online pun mampu melakukan pemotongan pajak otomatis pada laporan keuangan! Mulai dari PPh 21, PPh 23, PPN, dan juga PPh 4 ayat 2. AOL telah terintegrasi dengan e-faktur perpajakan seperti e-Faktur dan e-PPh 21/26. Sehingga memudahkan pelaku penggunanya dalam membuat laporan pajak bisnis UKM & UMKM.

Dengan Aplikasi Accurate Online ini pelaku UKM akan lebih mudah untuk melakukan optimasi omzet penjualan, Sehingga akan mampu membantu mereka memiliki keuntungan dan sebuah laporan keuangan yang dapat menjadi alat ukur kesehatan bisnis. Untuk bisa menggunakan tools ini bisa dibuka via internet atau download aplikasinya di Play Store dengan memasukan Accurate Online di kolom pencarian.

Bagi Anda yang baru saja mendaftar di Accurate Online akan mendapatkan trial selama 30 hari, selama masa percobaan tersebut bisa digunakan juga untuk memahami berbagai fitur dan fungsinya. Penggunaannya pun terbilang mudah, tidak perlu memiliki keahlian dalam ilmu komputasi untuk memasukan data transaksi bisnis online Anda.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar