Okoh Japanese Restaurant, Restoran Jepang Paling Legendaris di Bandung

Posted by

Fushion Sushi Okoh Japanese Restaurant
Fushion Sushi Okoh Japanese Restaurant. 
Sahabat Kuliner, di era Millenial ini banyak bertebaran restoran Jepang dengan konsep modern dan tersedia spot foto yang Instagramable, dengan tujuan untuk menarik minat para pengunjung yang doyan narsis di sosial media, karena anak zaman Now lebih suka makan di tempat yang kekinian dan bisa sekaligus dipakai narsis. 

Di Bandung sudah banyak bertebaran restoran Jepang yang menawarkan spot keceh dan Instagramable bahkan harga menu makanannya pun relatif terjangkau. Berbeda dengan tahun 90-an, di Bandung masih sangat jarang dijumpai restoran Jepang, bahkan bisa dibilang cuma ada satu restoran yang paling hits di zamannya, yaitu Okoh Japanese Restaurant yang ada di kawasan hotel Horison Ultima Bandung, Jln. Pelajar Pejuang 45 No.121, Kota Bandung, Jawa Barat.

Okoh Japanese Restaurant pada saat itu selalu ramai oleh pengunjung, bahkan untuk bisa makan di restoran tersebut harus rela ngantri panjang sampai ke luar area Hotel Horison. Lalu apa yang mebuat restoran Jepang ini sangat disukai pada waktu itu? 

Jawabannya karena tempat makan yang ada di kawasan Hotel Horison ini lebih mengutamakan rasa, dimana untuk menciptakan rasa yang sama dengan aslinya, bahan-bahan makanannya pun di import langsung dari negara asalnya, begitu pula dengan Chef yang menjadi kunci peracik rasa yang authentic didatangkan langsung dari negeri Sakura.

Ornamen tulisan huruf kanji di Okoh Japanese Restaurant
Ornamen tulisan huruf kanji di Okoh Japanese Restaurant
Banyak pecinta kuliner Jepang yang merindukan kenikmatan sajian makanan di restoran Okoh ini, karena selain rasanya yang sudah tidak diragukan lagi, banyak juga yang memiliki kenangan indah di tempat ini, bahkan mantan Presiden RI, KH. Abdurahman Wahid (Gusdur) dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kala pernah menyempatkan diri makan di restoran Okoh.

Ada angin segar nih buat yang ingin bernostalgiaan dengan restoran Authentic Japanese, karena mulai 23 Mei 2018 Okoh Japanese Restaurant telah dibuka kembali untuk umum, dan tentunya dengan suasana baru yang lebih fresh dan kekinian. Namun meskipun berganti suasana, Okoh tetap mempertahankan desain interiornya yang khas dan Jepang banget.

Sesuai dengan namanya “Okoh” dalam bahasa Jepang yang bisa diartikan cantik atau indah, interior restoran ini didesain dengan ornament yang melambangkan kelembutan dan keindahan, yaitu dengan ditempatkannya reflika bunga sakura disetiap penjuru ruangan dan memajang lukisan-lukisan wanita jepang yang cantik serta ditemani alunan musik khas Jepang yang sangat khas. 

Tidak hanya itu, ruangannya pun didesain semirip mungkin dengan restoran Jepang zaman old dengan adanya ruangan Tatami (ruangan private dengan meja lesehan ala Jepang) dan ruangan Teppanyaki (ruangan dengan kursi dan meja yang dilengkapi tempat masak). Ketika Sahabat kuliner masuk ke Okoh restoran, dijamin akan merasa sedang berada di Jepang.

Tatami room Okoh Japanese Restaurant
Tatami room Okoh Japanese Restaurant
Tatami room desainnya seperti ruangan yang biasa dipakai tempat makan para Yakuza dalam film-film Jepang. Ruangan Tatami ini memiliki ukuran yang berbeda, ruangan kecil muat untuk 5 atau 6 orang, ada yang ruangannya bisa digabung dengan cara membuka sekat pintu, da nada juga yang ruangannya memanjang bisa masuk 16 sampai 20 orang.

Teppanyaki room Okoh Japanese Restaurant
Teppanyaki room Okoh Japanese Restaurant
Sedangkan Teppanyaki room adalah ruangan khusus untuk yang ingin makan sajian dadakan, alias dimasak langsung di depan mata. Untuk ruangan ini terasa sangat spesial, karena masing –masing meja sudah ditemani langsung oleh Chef yang siap memasak setiap menu yang diminta. Koki di ruangan Teppanyaki ini bukan sembarang koki, karena saat masak dihadapan para tamunya, Dia  tidak boleh mencicipi masakan yang sedang diolah, jadi hanya mengandalkan feeling saja. Butuh mood yang pas untuk masak seperti itu, jadi sebelum menerima tamu, kokinya ditanya dulu, apakah sedang mood atau tidak? Kalau sedang bad mood maka akan diganti dengan Chef yang lain.

Okoh Japanese Restaurant
Okoh Japanese Restaurant
Selain kedua ruangan tersebut, pengunjung Okoh Japanese Restaurant juga bisa memilih tempat makan yang ada di tengah ruangan restoran. Di tempat ini tidak tertutup seperti ruangan lainnya, serta terdapat kursi dan meja, untuk menu makannya pun tersedia makanan siap saji yang bisa diambil sendiri/prasmanan.

Sushi Counter Okoh Japanese Restaurant
Sushi Counter Okoh Japanese Restaurant
Salah satu makanan khas Jepang adalah sushi, jadi kurang lengkap rasanya bila ke resto Jepang tidak ada sushinya. Tidak usah khawatir, di sebelah kanan pintu masuk Okoh Japanese restaurant ada counter sushi, ditempat ini Sahabat kuliner bisa memesan fushion sushi sesuai selera masing-masing. Sementara di sebelah kanan pintu masuk Okoh restoran ada meja kasir dan mini Bar untuk memesan minum.

Setiap restoran pasti memiliki menu andalan yang menjadi ciri khas masing-masing, begitu pula dengan Okoh Japanese Restaurant yang memiliki menu variant Bento dan Fushion Sushi. Kedua menu ini paling banyak disukai oleh pengunjung Okoh restoran, karena rasanya yang luar biasa lezat dan tidak akan bisa ditemukan di restoran Jepang lainnya.

Berikut daftar menu makanan yang ada di Okoh Japanese Restaurant:

Fushion Sushi
Jumbo Dragon Roll
Salmon Nice Roll
Lava Salmon
Crunchy Roll
Pandibons Roll

Bento
Special Bento
Tempura Bento
Fuchidaka Bento
Sogayaki Bento
Torimomo Bento

Noodle
Soyu Ramen
Miso Ramen
Tempura Udon

Yakimono & Agemono
Beef Yakiniku
Amiyaki Steak
Chicken Teriyaki
Chicken Katsu

Appetizer
Agedashi Tofu
Adameme

Table Cooking
Sukiyaki
Kantekiyaki
Udon Suki

Teppanyaki
Dinner Course
Gourment Oriental
Kaisen Course


Re-Opening Okoh Japanese Restaurant
Press Conference Re-Opening Okoh Japanese Restaurant
Re-Opening Okoh Japanese Restaurant
Setelah sukses dan melegenda selama 26 tahu, Okoh Japanese Restaurant hadir kembali dengan suasana baru yang lebih fresh dan kekinian. Re-Opening Okoh Japanese Restaurant bertepatan dengan bulan Ramadhan, dengan harapan agar bisa menyajikan menu buka puasa bagi kaum Muslim yang sedang menjalankan ibadah shaum.

Meskipun restoran Jepang ini menggunakan bahan-bahan makanan Import, namun soal harga tidak kalah dengan harga lokal yang relatif terjangkau. Kisaran harga menu Restoran Okoh mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 180.000 saja, bahkan selama Re-Opening ini ada diskon sebesar 15% .

“Kami membuka kembali Okoh Japanese Restaurant  dengan suasana dan harga yang lebih bersahabat, sehingga besar harapan kami,  Okoh dapat dinikmati oleh seluruh kalangan dan usia. Apa lagi Restoran Okoh dibuka di Bulan suci Ramadhan, semoga bisa lebih berkah dan menjadi pilihan untuk berbuka yang istimewa, khususnya bagi para pecinta Japanese food.” Kata Helmi Junaidi selaku General Manager Hotel Horison Ultima Bandung saat press conference Re-Opening Okoh Japanese Restaurant, Rabu (23/05/2018).

Helmi menambahkan, ada satu lagi yang istimewa di Re-Opening ini, bagi setiap pengunjung yang makan di Okoh restoran berkesempatan untuk menginap di Executive Suite Room hanya dengan posting foto momen menyantap menu Okoh di instagram dan mention ke @okohbandung, juga sertakan hestek #okohjapaneserestaurant.

Blog, Updated at: 2:02 AM

0 komentar:

Post a Comment