11 April 2018

Hotel Hilton Bandung Berikan Pelatihan Perhotelan Untuk Anak Muda di SOS Children's Villages Indonesia

Graduation SOS Youth for Youth Career Initiative Program
Graduation SOS Youth for Youth Career Initiative Program. 
Tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia dikarenakan susahnya mencari pekerjaan yang layak untuk mencukupi kebutuhan hidup, padahal anak muda dengan keterampilan dan pendidikan bagus merupakan modal suatu bangsa untuk maju. Untuk mengatasi masalah pengangguran yang dialami oleh anak muda saat ini, SOS Children's Villages menggandeng berbagai pihak untuk mendukung anak muda mencapai kemandirian melalui program YouthCan! yang diluncurkan sejak Mei 2017 lalu. 

Program YouthCan! adalah sebuah inisiatif global yang bertujuan untuk mempersiapkan pemuda memasuki dunia kerja dan hidup secara mandiri dengan cara membantu mereka mendapatkan pengalaman praktis, pelatihan, serta pengetahuan yang memadai. Program ini melibatkan para pemuda, mitra korporasi, serta SOS Children’s Villages untuk menciptakan kesempatan bagi para pemuda dan membantu mitra korporasi mendapatkan talenta terbaik sekaligus memperkuat brand mereka.

Untuk menekan pengangguran melalui usaha peningkatan kapabilitas pemuda agar memiliki daya saing tinggi, tahun ini SOS Children's Villages Indonesia bekerja sama dengan Youth Career Initiative (YCI) dan Hotel Hilton Bandung, memberikan pelatihan di bidang perhotelan kepada 5 pemuda terpilih dari 8 Desa Anak SOS. Program pelatihan ini berlangsung selama enam bulan, mulai dari Oktober 2017 - Maret 2018. 

Selama training, Hilton Bandung memberikan kesempatan kepada kelima anak ini untuk turut serta dalam industry perhotelan dan memberikan kesempatan lapangan kerja bagi mereka. Anak-anak tersebut diperkenalkan ke beberapa area dan fokus pekerjaan dalam ruang lingkup perhotelan. Mereka pun dibagi untuk bekerja di empat area, yaitu kitchen (pastry and bakery), cold kitchen, purchasing and receiving, serta housekeeping.

Graduation SOS Youth for Youth Career Initiative Program
Graduation SOS Youth for Youth Career Initiative Program
Kelima anak dari SOS Children’s Villages Indonesia ini telah diseleksi dan mendapat pelatihan secara intensif selama 6 bulan di hotel Hilton Bandung. Sehingga kini mereka sudah siap untuk ikut bersaing di dunia kerja, terutama di dunia perhotelan.

"Saya memang ingin bekerja di hotel dan dengan mengikuti program ini, saya bisa mendapat pengalaman langsung. Tadinya, saya tidak tahu apa-apa tentang dunia perhotelan, Tapi sekarang banyak sekali pelajaran yang bisa didapat terutama di bagian kirchen."  ujar Ratih Permatasari dari S0S Children's Village Jakarta yang ditempatkan di bagian khichen.

Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children's Villages Indonesia mengatakan, Kerja sama dengan YCI dan hotel-hotel serta mitra lain akan terus dikembangkan, sehingga bisa memberikan manfaat lebih banyak bagi anak muda di SOS. Komitmen kami adalah untuk mempersiapkan anak-anak muda di SOS Children's Villages Indonesia agar mereka bisa mandiri di kemudian hari melalui program YouthCan!, Kerja sama dengan YCI dan Hotel Hilton Bandung merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen ini. 

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, sehingga anak-anak kami bisa mendapat bekal yang berguna untuk mereka di kemudian hari. Semoga kerja sama ini bisa terus berjalan dan lebih banyak lagi anak-anak kami yang mendapat manfaat.” Kata Gregor Hadi Nitihardjo, di acara Graduation SOS Youth for Youth Career Initiative Program, yang bertempat di Hotel Hilton Bandung, Jln. HOS. Tjokroaminoto No.41-43, Kota Bandung, Jawa Barat. Rabu (11/04/2018)

Hotel Hilton Bandung sangat menyambut baik program kerja sama ini, karena program ini selaras dengan komitmen mereka untuk selalu mendukung komunitas anak muda dan bekerja sama dengan Non Government Organization (NGO) sebagai bagian dari program Bright Blue Futures. Harapannya, anak-anak dari SOS Children's Villages Indonesia ini memperoleh ilmu yang berguna dan dapat digunakan oleh mereka di kemudian hari.

Melalui program YouthCan! SOS Children's Villages mengundang para mitra korporat lain untuk bergabung dalam inisiatif ini dan secara aktif berkontribusi terhadap Sustainable Development Goals, nomor 4, 8, dan 10 dengan menggunakan pendidikan dan pelatihan untuk mengurangi pengangguran pemuda, sehingga para pemuda mampu keluar dari garis kemiskinan dan mendapat kehidupan yang layak.

Baca juga Qiwii, Aplikasi Antrian Online Untuk Semua Industri

1 komentar on Hotel Hilton Bandung Berikan Pelatihan Perhotelan Untuk Anak Muda di SOS Children's Villages Indonesia

I hope follow this progam SOS, next years

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar