Obyek Wisata Situ Ranca Hideung di Garut Selatan

Obyek Wisata Situ Ranca hideung di Garut Selatan
Obyek Wisata Situ Ranca hideung di Garut Selatan. 

Obyek Wisata Situ Ranca Hideung di Garut Selatan - Garut Selatan merupakan daerah yang sangat kaya akan potensi wisata alam, kontur alam yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan menjadikan belahan kota Intan ini sangat subur.

Pesawahan terhampar luas sejauh mata memandang akan terlihat sangat indah ketika sedang musim tanam padi. Banyak tempat wisata di kawasan Garut Selatan yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisatata ketika musim libur tiba. Salah satunya adalah Situ Ranca hideung, yang berlokasi di Kampung Sukalila, Desa Cihurip, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat.

Situ Ranca Hideung merupakan sebuah danau alami seluas dua hektare yang menjadi sumber pengairan untuk sawah milik penduduk sekitar. Terutama saat musim kemarau, danau ini menjadi sumber utama cadangan air.

Selain itu, Situ Ranca Hideung selama ini menjadi tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan tempat lainnya. Nuansa alam pedesaan terasa begitu kental saat memasuki wilayah Kampung Sukalila. Penduduknya yang ramah dan bersahaja selalu tersenyum manis ketika menyapa tamu atau pengunjung.

Konon katanya menurut cerita dari orang tua zaman dulu, Situ Ranca Hideung ini memiliki sebuah cerita bahwa barang siapa yang memasukkan atau menginjakan kaki ke danau akan muncul tanda hitam di kulitnya (kurang lebih seperti tahi lalat). Tapi, itu hanya sebuah cerita yang dianggap sebagai mitos yang jauh dari kenyataan.

Pemandangan di sekitar Situ Ranca Hideung sangat indah dan menyejukan mata. Perbukitan hijau yang mengelilingi kampung dan sawah yang menghampar luas memberikan kesejukan dan ketenangan jiwa. Obyek wisata alam Situ Ranca Hideung ini sangat cocok untuk merefresh otak yang stress dan rekreasi bersama keluarga.

Pengunjung bisa menjelajahi Situ Ranca Hideung dengan menggunakan rakit/getek. Buat yang gemar memancing bisa mancing mania di danau tersebut dengan membayar sedikit uang sewa kepada penduduk. Nah bagi wisatawan yang ingin merasakan berpadu dengan alam dan bermalam di lokasi wisata, kalian bisa mendirikan tenda di dekat situ.

Indahnya view di sekitar obyek wisata Situ Ranca Hideung sudah banyak memancing para penggemar fotografer untuk mengabadikan keindahan alam. Tidak sedikit penghunjung yang datang sekedar untuk mengambil gambar dan berfoto ria di pinggir danau dengan background alam yang Instagramable.

Obyek wisata yang berada di Desa Cihurip ini belum memiliki fasilitas khusus karena belum dikelola secara khusus. Dulu danau ini pernah dikelola oleh pemerintah setempat, namun karena kurangnya perawatan akhirnya beberapa fasilitas yang sudah ada kembali rusak.

Oh iya obyek wisata ini dapat ditempuh selama dua jam perjalanan normal dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum dari pusat kota Garut. Nah untuk masuk obyek wisata alam Situ Ranca Hideung pun masih belum dikenakan biaya alias gratis tis, tapi ingat jangan membuang sampah di lokasi wisata ya…, selamat berwisata !

Baca juga Situ Sarkanjut, Obyek Wisata Alam Yang Tersembunyi di Leuwigoong Garut

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar