Cikao Park, Tempat Wisata dan Edukasi di Purwakarta

Cikao Park Purwakarta
Cikao Park Purwakarta. 

Cikao Park, Tempat Wisata dan Edukasi di Purwakarta - Ketika berlibur terkadang bingung menentukan pilihan tempat wisata yang cocok untuk keluarga, apalagi membawa anak-anak, takutnya mereka tidak betah dengan tempat rekreasi yang dipilih.

Tapi kini kalian tidak perlu merasa bingung karena ada destinasi wisata yang pasti disukai oleh anak-anak dan keluarga, yaitu Obyek wisata edukasi Cikao Park, yang berlokasi di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Cikao Park alias taman Cikao ini merupakan destinasi wisata baru di Purwakarta yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektare. Destinasi wisata ini hadir dengan konsep wisata alam yang memadukan antara wisata air, wisata edukasi fauna, dan wahana permainan modern. Nama Cikao Park ini diambil dari nama sungai yanga ada di lokasi wisata tersebut, yaitu sungai Cikao.

Taman Cikao berada tepat di pinggir aliran sungai Cikao, sehingga ketika berkunjung ke tempat wisata edukasi yang ada di Purwakarta ini kalian bisa langsung melihat aliran sungai Cikao. Selain itu pengunjung pun bisa mendengarkan suara air yang mengalir serta menikmati indahnya pemandangan bukit-bukit dan pesawahan di sekitarnya.

Ketika masuk ke kawasan Taman Cikao, kalian akan disambut dengan taman yang didominasi oleh batu-batu besar dan puluhan saung yang bisa digunakan untuk beristirahat dan botram. Bebatuan besar yang kokoh dan alami ini menjadikan Taman Cikao benar-benar terasa alami dan unik.

Dengan konsep one stop travel vacation, taman yang berlokasi di pinggir sungai Cikao ini memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk berwisata, refreshing, belanja, kuliner maupun melakukan aktivitas olahraga, hobby, event, gathering, rapat, seminar, serta kegiatan lainnya.

Kolam renang Cikao Park Purwakarta
Kolam renang Cikao Park Purwakarta

Kolam Renang Cikao Park Purwakarta 

Tidak hanya taman batu yang ada di Cikao Park, ketika masuk ke gerbang berikutnya ada kolam renang yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Kolam renang Cikao Park memang sangat unik dan berbeda dengan kolam renang pada umumnya.

Biasanya kolam renang di bagian pingirnya menggunakan keramik, yang ini sangat berbeda karena menggunakan bebatuan alam yang dihias dengan cat warna-warni seperti permen karet atau permen marble. Bebatuan yang dipakai asli dari tempat sekitar, yaitu dari Sungai Cikao.

Kolam renang Cikao Park Perwakarta terlihat sangat indah karena bentuk kolamnya didesain menyerupai aliran sungai yang berkelok dan mengitari sebuah pulau kecil. Kolam renang yang unik ini tidak terlalu dalam, sehingga sangat aman untuk anak-anak.

Beberapa wahana lainnya dapat dinikmati oleh pengunjung seperti ember tumpah, perahu, seluncuran, kolam dengan pasir pantai, mandi busa dan fasilitas lainnya yang akan memanjakan pengunjung serta membuat sikecil betah bermain air di alam terbuka.

Pulau Cinta Taman Cikao Purwakarta
Pulau Cinta Taman Cikao Purwakarta

Di sekeliling kolam renang banyak berdiri saung untuk lesehan. Begitu pula di pulau kecil yang ada di tengah kolam. Buat pengunjung yang tidak mau basah-basahan tapi ingin masuk ke pulau kecil tersebut tidak perlu khawatir, karena ada jembatan cinta yang menghubungkan antara pinggiran kolam dengan pulau kecil.

Pulau kecil yang ada di tengah kolam renang Ciako Park ini mungkin lebih cocok bila diberi nama pulau cinta, karena view-nya yang romantis dan sangat cocok untuk beristirahat bersama kekasih pujaan hati.

Pemandangan yang sangat langka, karena sangat jarang ditemukan kolam renang dengan nuansa aliran sungai, yang tentunya sangat Instagramable buat dijadikan spot foto. Berfoto dan selfie ria di pulau cinta sambil menikmati jajanan yang ada di Taman Ciako pastinya menyenangkan dan akan sangat berkesan.

Kebun Binatang Mini Cikao Park Purwakarta

Membawa anak ke tempat rekreasi bernuansa taman air memang sangat menyenangkan, karena cara tersebut bisa membuat mereka menikmati kebebasan bermain di alam terbuka. Di Taman Cikao tidak hanya terdapat taman batu dan wahana bermain air,  tapi tersedia juga obyek wisata edukasi andalan untuk anak-anak, yitu kebun bianatang mini. 

Di Mini Zoo ini terdapat beragam spesies hewan langka dan lucu yang bisa diperkenalkan kepada sang buah hati untuk dijadikan edukasi untuk menambah wawasan tentang hewan langka.

Hewan langka yang bisa ditemukan di kebun binatang mini Cikao Park ini di antaranya binturung, beruang, kangguru, puluhan spesies burung, iguana, serta berbagai macam unggas, dan monyet kerdil yang sangat langka dan populasinya hanya ada di Brazil. 

Fasilitas Cikao Park Purwakarta

Selain memiliki wahana Water park dan kebun binatang mini, Taman Cikao juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti Area Floating Market, Camping Ground, Open Stage, Area Xtreme Game, roller coaster mini, Bazar kuliner, Gazebo di atas air, Area parkir, Sirkuit Enduro, Offroad & Grasstrack, ATV kids, Cikao Park Fun Club, dan kampung lampion.

Di Cikao Park juga  tersedia fasilitas untuk kalian yang ingin mengadakan Gathering, Wedding, Party and Showbiz Event, Community Event, dan Concert Event.

Rute menuju Obyek wisata Ciako Park Purwakarta

Bagi kalian yang ingin berwisata ke Taman Ciako Purwakarta dapat memilih rute berikut: kalau dari kota Purwakarta mengambil jalan ke arah Plered, nanti sebelum masuk daerah Sukatani (Pom Bensin) ada gapura besar Purwakarta warna biru di sebelah kiri.

Nah, kemudian masuk saja ke situ, lalu jalan terus lurus mengikuti jalan beton tersebut dan sampailah di Taman Cikao Purwakarta.

Lokasi Cikao Park Purwakarta :
Jalan Kawasan Industri Cikao Blok E No. 08
Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta
Jam buka  : pukul 08.00 WIB - 18.00 WIB

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar