22 December 2017

Trik Food Fotografi Menggunakan Smartphone Ala Felicia Dan Meidi

Trik Food Fotografi Menggunakan Smartphone Ala Felicia Dan Meidi
Trik Food Fotografi Menggunakan Smartphone Ala Felicia Dan Meidi
Lagi-lagi bicara tentang Sosial Media (Sosmed) yang sudah mendunia, dimana semua orang sudah mengenal dan menggunakannnya dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan Sosmed banyak dimanfaatkan untuk mencari dan berbagi informasi, dan salah satu diantarnya dijadikan sebagai tempat berbagi foto, baik itu foto selfie, traveling, kuliner, dan lain-lain. 

Nah dengan adanya fasilitas sosial media ini, semua orang bisa menjadi potografer dan membagikan hasil jepretannya kapan saja. Untuk mendapatkan sebuah foto yang bagus dan menarik, di zaman yang canggih seperti saat ini tidak harus selalu menggunakan kamera yang bagus sperti DSLR atau Mirrorless, cukup menggunakan smartphone saja bisa mendapatkan tangkapan gambar yang tidak kalah indahnya.

Mekipun memotret hanya dengan sebuah kamera Handphone, tapi dibutuhkan trik khusus supaya hasil gambarnya terlihat sempurna. Nah, trik apa yang harus dikuasai untuk memotret menggunakan kamera ponsel agar hasilnya tidak ngasal ? Dua gadis cantik bernama Felicia Fransisca Budiman dan Meidiana Margaretha Budiman, selaku pemilik akun Instagram [at]Foodaffair, bagi-bagi trik Food Fotografi dengan menggunakan smartphone

Felicia dan Meidi ini adalah seorang food fotografi  yang menekuni dunia memotret sejak tahun 2013, itu pun awalnya hanya sekedar hobi saja, namun karena banyak file foto yang disimpan begitu saja, akhirnya mereka berdua mengupload koleksi fotonya di Instagram, dan ternyata hasil karyanya tersebut disambut baik oleh orang-orang yang melihatnya.

Keahlian dalam memotret makanan menggunakan smartphone tersebut membuat Felicia dan Meidi dipercaya untuk bekerja sama dengan beberapa brand ternama sperti, KFC, Sambal ABC, Polytron, dan brand lainnya. Hasil jepretannya memang sangat menakjubkan, dan pasti semua orang mengira kalau foto-foto tersebut diambil menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless. Tapi nyatanya, menurut pengakuan kedua gadis ini, foto-foto tersebut diambil mengunakan kamera Ponsel.

Kamera ponsel memang memiliki keterbatasan, namun untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus dibutuhkan trik khusus. Berikut trik sederhana yang diberikan oleh Felicia dan Meidi di acara Food Styling and Smartphone Photografhy with POLYTRON  PRIME7, yang bertempat di Ngopi Doeloe, Jln. Setiabudhi No.187, Bandung, Jawa Barat. Kamis (21/12/2017).

1. Cahaya
Untuk mengambil foto makanan menggunakan kamera smartphone dibutuhkan pencahayaan yang mumpuni. Bila mengandalkan cahaya matahari sebaiknya pemotretan dilakukan pada waktu yang tepat, pagi hari atau menjelang sore, karena saat itu cahayanya sangat natural, sehingga hasil foto akan maksimal.

- Reflektor 
Bila pencahayaan tidak seimbang atau hanya pada sebagian sisi saja yang terang, maka sebaiknya menggunakan alat bantu reflector. Reflektor ini diletakan berlawanan dengan cahaya, sehingga sinarnya yang memantul akan menerangi bagian objek foto yang gelap. Adapun bahan yang bisa digunakan sebagai reflector diantaranya, sterofoam, kertas putih, kaca dan benda lainnya yang dapat memantulkan cahaya.

- Bertemanlah dengan jendela
Sebagai food fotografer yang suka makan di restoran atau kafe, sebaiknya memilih tempat yang terang, agar saat memotret mendapatkan pencahayaan yang maksimal, dan yang paling gampang adalah memilih tempat di dekat jendela.

- Color for mood
Pencahayaan ketika memotret objek makanan harus sesuai dengan waktu pemotretan, misalnya ketika memotret sarapan pada pagi hari, disarankan agar tidak menggunakan flash ponsel. Karena flash akan membuat warna makanan jadi over dan terangnya tidak merata.

2. Fine the right angle
Memotret makanan menggunakan smartphone bisa dilakukan dari berbagai arah untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Felicia dan Meidi lebih memilih dua angle atau sudut saja untuk melakukan pengambilan gambar, yaitu eye level atau top angle. Eye level yaitu mengambil gambar sejajar dengan mata/dari sisi objek foto, sedangkan top level adalah mengambil foto dari atas, sehingga seluruh objek foto dapat terlihat jelas. 

3. Styling
Hasil foto makanan tentunya harus terlihat menarik dan menggiurkan, oleh karena itu Food fotografi erat hubungannya dengan styling , meskipun tujuan utamanya adalah makanan, namun hasilnya akan kurang menarik jika foto yang biasa-biasa saja, harus ada hal lain yang membuatnya jadi lebih menarik.

Untuk mempercantik tampilan makanan supaya tidak terlihat polos, bisa menambahkan property seperti bunga, serbet, sendok, garpu, dan lainnya. Tapi ketika menambahkan property tersebut jagan berlebihan, kita tetap prioritaskan makanan sebagai objek utama, gunakan seperlunya dan buat seindah mungkin, jangan sampai property tersebut mengalahkan objek utama.

4. Add human element
Menambahkan sentuhan manusia sebagai pemanis dan pelengkap foto makanan akan memberikan nilai lebih dan terkesan lebih bercerita. Seperti menambahkan sentuhan tangan dan lainnya.

5. Shoot the fresh food
Ada beberapa makanan yang tampilannya cepat berubah setelah dihidangkan, misalnya es krim. Karena itu harus segera memotret saat makanan dalam keadaan masih segar. Dianjurkan agar styling dilakukan sebelum makanan datang, nantinya ketika makanan tiba, bisa langsung memotretnya.

6. Jangan gunakan zoom pada kemera Smartphone 
Kamera ponsel cenderung memperkecil obyek foto, jadi selalu usahakan agar anda memotret dari jarak yang cukup, sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Zoom akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam.

7. Rule of third
Area foto dibagi menjadi 9 kotak dengan dua horizontal dan 2 vertikal, aka nada 4 titik pertemuan garis tersebut. Objek utama diletakan pada salah satu titik tersebut. Aturan dimana 1/3 bagian dari frame digunakan untuk objek utama dan 2/3 nya digunakan untuk background.

8. Editing
Sebelum membagikan foto ke media sosial,bisa  memolesnya dengan aplikasi ponsel. Baik itu croping, mengatur mood warna, dan sebagainya. Ada dua aplikasi edit foto yang sering digunakan yaitu VSCO Cam dan Snapseed. Aplikasi VSCO Cam mirip seprti Snapseed, menawarkan filter-filter yang lebih beragam bila dibandingkan dengan Instagram. Bedanya, pengaturan edit Snapseed bisa dilakukan secara manual.

Selain mengandalkan trik tersebut, untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas, yang paling utama adalah Kamera ponselnya harus mumpuni. Sekarang ponsel yang memilikidi kamera dengan kualitas bagus bisa  dimiliki oleh siapapun, karena sudah banyak produk smartphone dengan harga yang relatif terjangkau, tapi sudah memiliki kamera dengan resolusi tinggi, salah satunya adalah smartphone POLYTRON PRIME7 yang biasa dipakai untuk memotret makanan oleh Felicia dan Meidi.

POLYTRON PRIME7 merupakan smartphone yang cocok untuk food fotografi karena sudah tertanam kamera utama sebesar 13 MP dan memiliki resolusi 4160 x 3120 pixel dan dilengkapi dengan dual tone bright LED Flash yang memberikan cahaya secara merata untuk hasil foto lebih terang dan jelas di segala kondisi. Lensa kamera PRIME7 berkualitas tinggi yang dirancang untuk mengurangi flare pada saat pengambilan gambar dekat dengan sumber cahaya.

Menjajal Food fotografi menggunakan kamera PRIME7
Menjajal Food fotografi menggunakan kamera PRIME7
Kini saatnya menjajal kehebatan dari kamera POLYTRON PRIME7, seluruh peserta Food Styling and Smartphone Photografhy mendapat kesempatan untuk mencoba kelebihan fitur kamera PRIME7.
Hasil gambar dari kamera PRIME7
Hasil gambar dari kamera PRIME7

Seperti yang telah disebutkan di atas tadi, kamera PRIME7 memang terbukti dapat menghasilkan gambar yang optimal. Meskipun saat pengambilan gambar dalam kondisi kurang pencahayaan karena bearada di dalam ruangan. Hasil jepretan terlihat lebih terang dan jernih karena kamera PRIME7 sudah menggunakan sensor PDAF (Phase Detection Auto Focus) yang dilengkapi dengan Ball Bearing AF motor, sehingga bisa menghasilkan pengambilan fokus gambar yang akurat dan lebih cepat, bahkan saat objek foto bergerak sekalipun.

Selamat mencoba menggunakan trik food fotografi menggunakan smartphone ala Felicia dan Meidi, semoga bermanfaat.

Baca juga Canon EOS M10, Kamera Mirrorless Mungil Dengan Sensor Besar

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar