Cara Mengajukan Pinjaman Non Bank Tanpa Jaminan

Cara Mengajukan Pinjaman Non Bank Tanpa Jaminan
Cara Mengajukan Pinjaman Non Bank Tanpa Jaminan. 

Semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi membuat banyak orang mengalami kesulitan dalam pemenuhan masalah kebutuhan. Permasalahan tersebut disebabkan oleh harga bahan pokok yang semakin naik, harga ongkos transportasi yang sangat mahal, biaya pendidikan yang semakin lama semakin tinggi, dan permasalahan gaya hidup.

Kenaikan-kenaikan tersebut diimbangi dengan semakin meningkatnya pendapatan yang bisa didapatkan oleh masing-masing orang. Gaji setiap tempat kerja mungkin berbeda-beda. Lalu bagaimana jika ingin mendirikan sebuah usaha tetapi gaji kalian tidak bisa diandalkan?

Jawabannya mudah, kalian bisa mengajukan pinjaman pribadi segera ke pihak non bank yang bersedia untuk meminjami modal. Anggap saja itu uang investasi dari donatur yang harus segera kalian kembalikan.

Mungkin beberapa orang yang terbelit masalah keuangan akan memilih bank sebagai salah satu tempat yang bisa memberikan kemudahan dalam pinjaman. Namun sayangnya, beberapa jenis bank konvensional tetap saja menginginkan jaminan berupa surat resmi kendaraan, surat perhiasan, akta tanah dan lain-lain yang akan merugikan kalian jika ternyata tidak bisa melunasi sampai jatuh tempo.

Selain itu, untuk bisa mengajukan pinjaman, pihak bank mengharuskan nasabahnya untuk memiliki kartu kredit sendiri. Hal ini memunculkan kendala baru, bagi yang tidak memiliki jaminan maka tidak bisa mendapatkan kartu kredit tersebut.


Menyadari kesulitan ini, bank akhirnya bersedia memberikan pinjaman dengan syarat jumlah pinjaman harus sesuai dengan kemampuan setiap nasabah. Namun tetap saja pada proses pengembaliannya akan ada sedikit kesulitan. Lalu bagaimana cara paling jitu mencari pinjaman tanpa jaminan tanpa kartu kredit? berikut ini akan kami bahas mengenai cara mengajukan pinjaman non bank tanpa jaminan.

Perkembangan teknologi yang sudah gencar ternyata menyebabkan banyak perubahan dan manfaat. Salah satunya adalah dengan munculnya beberapa lembaga dan pihak-pihak yang menyediakan jasa peminjaman uang dengan penawaran yang sangat menarik, yaitu peminjaman modal usaha tanpa jaminan apapun. Hal tersebut akan lebih memudahkan kalian untuk mendapatkan pinjaman.

Nah, sebelum melakukan pinjaman modal, ada baiknya jika kalian memastikan terlebih dahulu tentang banyak hal seperti sistem pengembalian, jatah jatuh tempo, denda, fasilitas, benefit dan lain-lain. semakin banyak informasi yang kalian gali akan berdampak pada pemahaman dan kemantapan kalian untuk segera memutuskan berbisnis dalam waktu dekat dengan modal pinjaman.

Pinjaman dalam versi ini umumnya berbentuk pinjaman dalam jangka pendek yang disediakan oleh non bank. Jumlah pinjaman juga relatif lebih kecil, hanya berkisar antara 0 rupiah sampai dengan 5 juta rupiah saja.

Namun jangan salah, di beberapa tempat mungkin kalian akan menemukan jumlah pinjaman modal jauh lebih besar yaitu pada kisaran 10 juta rupiah sampai dengan 50 juta rupiah tentu saja dengan masih menerapkan sistem bunga. Buatkalian yang serius ingin melakukan pinjaman modal, ada beberapa persyaratan dan beberapa jenis berkas yang harus dipersiapkan untuk pencairan dana sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Syarat dan berkas yang harus dipersiapkan adalah:

1.         KTP atau Kartu Tanda Penduduk
Untuk mengajukan pinjaman, secara otomatis kalian harus menyerahkan KTP atau Kartu Tanda Penduduk berupa foto copy dan melampirkan KTP asli untuk dijadikan sebagai salah satu jaminan. Dengan menyerahkan KTP, artinya identitas lengkap kalian akan dimiliki oleh pihak jaminan tersebut sehingga ketika di masa depan kalian melakukan kekeliruan maka pihak peminjam akan datang langsung ke rumah.

2.         Memiliki penghasilan
Pihak peminjam sudah tentu akan mempertimbangkan kemampuan kalian terlebih dahulu sebelum mencairkan dana pinjaman. Setiap lembaga non bank sudah memiliki kebijakan dan aturan masing-masing ketika memilih nasabah. Maka dari itu, berkas slip gaji akan sangat penting. Kalian bisa mengurusnya langsung di tempat kerja atau meminta surat keterangan penghasilan di kelurahan. Semakin besar pendapatan kalian, maka semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan pinjaman uang modal dalam jumlah yang besar dan dalam jangka waktu jatuh tempo yang lumayan panjang.

3.         Berusia dewasa
Hanya calon peminjam dengan usia yang sudah matang yang akan ditangani karena orang-orang yang sudah dewasa yang memiliki kesadaran diri menanggung segala beban dan memiliki bisa bertanggungjawab.

4.         Menyelipkan surat keterangan bekerja
Jika jaminan berupa barang tidak bisa kalian berikan, salah satu syarat berkas yang harus diberikan adalah surat keterangan bekerja yang bisa dkalian urus di bagian administrasi kantor tempat kalian kerja. Surat tersebut akan menjadi jaminan bahwa kalian akan mampu membayar cicilan yang sudah ditentukan dan tidak akan pernah memiliki alasan tidak memiliki uang ketika jatuh tempo.

5.         Memiliki batas penghasilan
Apa yang dimaksud dengan batas penghasilan? Batas penghasilan adalah batas yang diterapkan oleh pihak non bank yang digunakan sebagai patokan. Jika batas penghasilan per bulan adalah Rp 800.000, maka yang memiliki gaji satu juta rupiah setiap bulan akan lolos tahap penerimaan beasiswa. Namun, bagi kalian yang memiliki gaji di bawah delapan ratus ribu maka secara terpaksa tidak akan mendapatkan pinjaman modal dari lembaga tersebut.

Selain itu, pinjaman jangka pendek ini memiliki rentan pembayaran yang sangat pendek juga yaitu berkisar antara 15 hari sampai 30 hari. Pinjaman non bank ini dianggap sebagai salah satu solusi bagi kalian yang membutuhkan dana dalam waktu cepat.

Nah, bagi kalian yang ingin segera memulai bisnis tanpa modal bisa menggunakan strategi peminjaman modal jangka pendek dengan melengkapi berkas persyaratan yang sudah diterangkan di atas. Satu hal yang harus selalu kalian ingat adalah untuk selalu berhati-hati dan cerdas dalam memilih jenis pinjaman. (Adv)

Baca juga E-Comerrce, Lahan Bisnis Yang Sangat Menjanjikan di Era Digital