Cara Mengajukan Pinjaman Non Bank Tanpa Jaminan

Posted by

Cara Mengajukan Pinjaman Non Bank Tanpa Jaminan
Cara Mengajukan Pinjaman Non Bank Tanpa Jaminan. 
Semakin banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi tentu saja membuat banyak sekali orang dari segala lapisan masyarakat mengalami kesulitan dalam pemenuhan masalah kebutuhan. Permasalahan tersebut dikarenakan karena harga bahan pokok yang semakin naik, harga ongkos transportasi yang sangat mahal, biaya pendidikan yang semakin lama semakin tinggi, dan tentu saja permasalahan gaya hidup yang tentu saja tidak mempengaruhi apapun. Kenaikan-kenaikan tersebut tentu saja diimbangi dengan semakin meningkatnya pendapatan yang bisa didapatkan oleh masing-masing orang yang mendapatkannya. Jumlah gaji setiap tempat mungkin berbeda-beda, lalu bagaimana jika ingin mendirikan sebuah usaha tetapi tetap saja gaji tidak bisa diandalkan? Jawabannya mudah, Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi segera ke beberapa pihak non bank yang bersedia untuk meminjami modal untung Anda. Anggap saja itu uang investasi dari donatur yang di masa depan harus segera Anda kembalikan.

Mungkin beberapa orang yang terbelit masalah keuangan secara otomatis akan menuju bank sebagai salah satu tempat yang memang bisa memberikan kemudahan dalam peminjaman. Namun sayangnya, beberapa jenis bank konvensional tetap saja menginginkan jaminan berupa surat-surat resmi kendaraan, surat-surat resmi perhiasan, akta tanah dan lain-lain yang tentu saja akan sangat merugikan Anda jika ternyata tidak bisa melunasi sampai jatuh tempo. Selain itu, untuk bisa mengajukan pinjaman, pihak bank mengharuskan nasabahnya untuk memiliki kartu kredit sendiri. Hal ini tentu saja memunculkan kendala baru, bagi Anda yang tidak memiliki jaminan maka tentu saja tidak bisa mendapatkan kartu kredit tersebut. Menyadari kesulitan ini, bank akhirnya bersedia memberikan pinjaman dengan syarat jumlah pinjaman harus sesuai dengan kemampuan setiap nasabah. Namun tetap saja pada proses pengembaliannya akan ada sedikit kesulitan-kesulitan. Lalu bagaimana cara paling jitu mencari pinjaman tanpa jaminan tanpa kartu kredit ? berikut ini akan kami bahas mengenai cara mengajukan pinjaman non bank tanpa jaminan.

Perkembangan teknologi yang sudah gencar ternyata menyebabkan banyak sekali perubahan dan manfaat. Salah satunya adalah dengan munculnya beberapa lembaga dan pihak-pihak yang menyediakan jasa peminjaman uang dengan penawaran yang sangat menarik, yaitu peminjaman modal usaha tanpa jaminan apapun. Hal ini tentu saja akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan pinjaman. Nah, sebelum melakukan pinjaman modal, ada baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu tentang banyak hal seperti sistem pengembaliannya, jatah jatuh tempo, denda, fasilitas, benefit dan lain-lain. semakin banyak informasi yang Anda gali akan berdampak pada pemahaman dan kemantapan Anda untuk segera memutuskan berbisnis dalam waktu yang dekat dengan modal pinjaman. Pinjaman dalam versi ini umumnya berbentuk pinjaman dalam jangka pendek yang disediakan oleh non bank. Jumlah pinjaman juga relatif lebih kecil, hanya berkisar antara 0 rupiah sampai dengan 5 juta rupiah saja.

Namun jangan salah, di beberapa tempat mungkin Anda akan menemukan jumlah pinjaman modal jauh lebih besar yaitu pada kisaran antara 10 juta rupiah sampai dengan 50 juta rupiah tentu saja dengan masih menerapkan sistem bunga. Bagi Anda yang serius ingin melakukan pinjaman modal, tentu saja ada beberapa persyaratan dan juga beberapa jenis berkas yang harus Anda persiapkan yang digunakan untuk pencairan dana sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Syarat dan berkas yang harus dipersiapkan adalah berikut ini:

1.         KTP atau Kartu Tanda Penduduk
Untuk mengajukan pinjaman, secara otomatis Anda harus menyerahkan KTP atau Kartu Tanda Penduduk berupa foto copy dan juga melampirkan KTP asli. Hal ini tentu saja dijadikan sebagai salah satu jaminan. Dengan menyerahkan KTP, artinya identitas lengkap Anda akan dimiliki oleh pihak jaminan tersebut sehingga ketika di masa depan Anda melakukan kekeliruan maka secara langsung dari pihak peminjam akan datang langsung ke rumah. Manfaat KTP yang sangat besar ini tentu saja akan sangat membingungkan jika ternyata Anda kehilangan KTP tersebut. Nah, karena KTP adalah syarat utama maka Anda diharuskan untuk mengurusnya langsung ke kantor kecamatan untuk mendapatkan surat pengantar pengganti KTP.

2.         Memiliki penghasilan
Pihak peminjam sudah tentu akan mempertimbangkan kemampuan Anda terlebih dahulu sebelum mencairkan dana yang akan Anda pinjam. Setiap lembaga non bank sudah tentu memiliki kebijakan dan aturan masing-masing ketika memilih nasabah. Maka dari itu, berkas slip gaji akan sangat penting. Anda bisa mengurusnya langsung di temapt kerja Anda atau dengan meminta surat keterangan penghasilan di kelurahan. Semakin besar pendapatan yang Anda miliki maka secara otomatis semakin besar juga kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman uang modal dalam jumlah yang besar dan dalam jangka waktu jatuh tempo yang lumayan panjang.

3.         Memiliki usia dewasa
Hanya calon peminjam dengan usia yang sudah matang saja yang akan ditangani. Hal ini tentu saja disebabkan karena orang-orang yang sudah dewasa saja yang memiliki kesadaran diri menanggung segala beban dan memiliki keinginan untuk segera bertanggungjawab. Selain itu, usia dewasa juga menjadi usia dimana Anda sudah memikirkan banyak hal dan tentu saja modal yang besar tidak akan bermanfaat bagi para peminjam dengan usia yang masih kecil atau bahkan terlalu manula.

4.         Menyelipkan surat keterangan bekerja
Jika jaminan berupa barang tidak bisa Anda berikan, maka salah satu syarat berkas yang harus Anda berikan adalah surat keterangan bekerja yang bisa dengan sangat mudah Anda urus di bagian administrasi kantor Anda. Surat ini akan menjadi jaminan bahwa Anda akan mampu membayar cicilan yang sudah ditentukan dan tidak akan pernah memiliki alasan tidak memiliki uang ketika jatuh tempi yang sudah ditentukan tersebut datang. Semakin tinggi jabatan Anda di tempat kerja, maka sudah tentu semakin tinggi juga kesempatan untuk mendapatkan pinjaman yang lebih besar.

5.         Memiliki batas penghasilan
Apa yang dimaksud dengan batas penghasilan? Batas penghasilan adalah batas yang diterapkan oleh pihak non bank yang digunakan sebagai patokan. Jika batas penghasilan per bulan adalah Rp 800.000 setiap bulan maka bagi Anda yang memiliki gaji satu juta rupiah setiap bulan akan lolos tahap penerimaan beasiswa. Namun, bagi Anda yang memiliki gaji di bawah delapan ratus ribu maka secara terpaksa tidak akan mendapatkan pinjaman modal dari lembaga tersebut.

Selain itu, pinjaman jangka pendek ini memiliki rentan pembayaran yang sangat pendek juga yaitu berkisar antara 15 hari sampai dengan 30 hari saja. Pinjaman non bank ini dianggap sebagai salah satu solusi bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu yang cepat. Nah, bagi Anda yang ingin segera memulai bisnis tanpa modal bisa menggunakan strategi peminjaman modal jangka pendek tentunya dengan melengkapi berkas persyaratan yang sudah diterangkan sedikit di atas. Satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah untuk selalu berhati-hati dan cerdas dalam memilih jenis pinjaman. (Adv)

Baca juga E-Comerrce, Lahan Bisnis Yang Sangat Menjanjikan di Era Digital

Blog, Updated at: 7:41 PM

0 komentar:

Post a Comment