Bandung Creative Hub, Pusat Berkumpul Orang-orang Kreatif di Bandung

Posted by

Gedung Bandung Creative Hub.
Gedung Bandung Creative Hub.
Bandung merupakan merupakan pusatnya orang-orang kreatif, terbukti Kota Parahyangan ini banyak melahirkan ide-ide kreatif dalam segala bidang. Tak terhitung jumlahnya orang  – orang kreatif di kota ini, namun mereka ini memiliki komunitas masing  – masing yang setiap saat bisa menghasilkan karya dan ide kreatifnya.

Untuk memfasilitasi para pemilik ide kreatif di Kota Bandung, maka didirikanlah sebuah gedung bernama Bandung Creative Hub (BCH), yang beralamat di Jln. Laswi No 7, Kota Bandung, Jawa Barat.

Bandung Creative Hub ini dibangun untuk dijadikan  sebagai pusatnya orang-orang kreatif yang mampu melahirkan ide dan produk kreatif. BCH telah diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, pada Kamis (28/12/2018). 

Bentuk bangunannya terlihat sangat unik dan berbeda dari seluruh bangunan lain yang ada di sekitarnya. Pada bagian dinding luarnya dihiasi dengan ornamen warna- warni, sekilas seperti tempat latihan panjat tebing.  

Sementara pada bagian dalamnya terdapat lima lantai ditambah dengan basement dan rooftop yang memuat ruang-ruang dengan berbagai fungsi. Dari sejumlah ruang dan fasilitas yang ada di BCH ini dikelola oleh asosiasi profesi terkait di bawah Unit Pelaksana Teknis  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. 

Nah, di gedung BCH ini warga Bandung bisa menyampaikan gagasan yang kreatif dan bisa juga meminjam berbagai alat teknologi yang tersedia. Bangunan unik yang terdiri dari enam lantai ini terbuka untuk komunitas, mahasiswa, dan masyarakat umum tanpa dikenakan biaya alias gratis untuk masuknya.

Fasilitas yang ada di Bandung Creative Hub
Di dalam bangunan yang berada di perempatan Jalan Laswi ini terdapat berbagai fasilitas pendukung.  Dimana dalam masing-masing ruangnya dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas sesuai dengan peruntukannya seperti ruang-ruang kelas, cafe, toko desain, galeri, bioskop, perpustakaan, dan workshop atau studio yang dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk berbagai sub-sektor, seperti fotografi, animasi, game, desain, musik, fashion, dan lain-lain.

Pengunjung BCH juga bisa menemukan berbagai galeri seni, studio audio, studio produksi dan pasca produksi karya-karya digital seperti game dan animasi, ruang fotografi, ruang produksi desain dengan printer 3D, laser cutter, serta ruang-ruang kelas untuk workshop, pelatihan, atau pertemuan.

Selain itu, terdapat pula sebuah ruangan yang difungsikan sebagai kantor bersama dan tempat pertemuan lintas sub-sektor industri kreatif seperti Forum Desain Bandung, yang terdiri dari desainer profesional yang telah tergabung dalam asosiasi Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), dan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Terdapat pula sebuah ruangan semacam museum desain mini yang memuat berbagai arsip dan dokumentasi desain, terutama di Kota Bandung, yaitu Bandung Design Archive (BDA). Dimana BDA ini digadang-gadang sebagai fasilitas yang baru dan pertama kali ada di Indonesia. 

Ketika Anda beranjak ke lantai tiga akan menemukan sebuah ruangan yang memiliki desain menarik dan didominasi warna oranye serta cokelat muda yang digunakan sebagai ruang auditorium bioskop, dimana ruangan ini bisa digunakan untuk screening film, seni pertunjukan dan fashion show.

Yang paling menyenangkan saat berkunjung ke Bandung Creative Hub adalah selain bisa melihat produk kreatif, tersedia juga tempat kuliner, ya karena di tempat berkumpul orang-orang kreatif ini juga terdapat kafe kopi dan kuliner lainnya. Satu lagi, sebagai tempat tongkrongan orang kreatrif kurang lengkap bila tidak dilengkapi dengan WiFi dan colokan listrik. Dan jangan lewatkan juga, pada bagian atas gedung terdapat rooftop untuk menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian.

Blog, Updated at: 12:49 AM

0 komentar:

Post a Comment