Merangkai Bunga Anggrek Plastik di Hari Jadi Alfamart Yang ke-18

Merangkai Bunga Anggrek Plastik di Hari Jadi Alfamart Yang ke-18
Merangkai Bunga Anggrek Plastik di Hari Jadi Alfamart Yang ke-18. 
Setelah sukses melaksanakan workshop daur ulang barang bekas menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat dan mamiliki nilai jual yang bertempat di Rumah Albi,  Alfamart  Kosar Cijambe, Kelurahan Pasir Endah, Kota Bandung, pada (17/10) lalu, dihari jadinya yang ke-18, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk kembali menggelar pelatihan daur ulang limbah yang bertempat di Rumah Albi , Alfamart Patrol, Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat. Rabu (18/10/2017)

Berbeda dengan pelatihan daur ulang barang bekas yang dilaksanakan sebelumnya, yaitu menggunakan bahan kertas Koran yang sudah tidak terpakai, workshop kali ini lebih memilih bahan dari limbah plastik. Dimana limbah plastik ini merupakan sampah yang tidak dapat membusuk dan terurai, sehingga dampaknya sangat berbahaya untuk lingkungan, kalau pun sampah plastik tersebut dibakar maka akan mengakibatkan polusi udara.

Workshop yang diselenggarakan perusahaan bermaskot lebah ini diikuti oleh sejumlah ibu-ibu warga Patrol, Baleendah. Seperti pelatihan yang sebelumnya, kegiatan ini dipandu oleh narasumber yang ahli dalam bidang pengolahan bahan bekas yaitu Arianto alias Ari Gami.

Sosok pria yang memiliki sejuta ide dalam pengolahan barang bekas ini  mengajarkan teknik merangkai bunga anggrek yang terbuat dari palstik bekas gelas minuman. Meskipun bahan yang digunakan hanya sebuah gelas plastic, tetapi setelah berada di tangan kretifnya Ari Gami bisa berubah menjadi sebuah bunga anggrek yang cantik dan menarik. 

Gelas plastik bekas dibelah dengan dengan menggunakan gunting, kemudian bagia bulatan bawahnya dipisahkan dan bagian badan gelas plastik dibentuk menjadi kelopak dan putik bunga anggrek. Untuk pewarnaannya menggunakan cat semprot yang warnanya mencolok supaya menarik perhatian orang, karena menurut Arianto, warna yang mencolok akan sangat mudah mencuri perhatian orang.

Sesi foto bersama setelah selesai melaksanakan workshop di Alfamart Patrol, Baleendah.
Sesi foto bersama setelah selesai melaksanakan workshop di Alfamart Patrol, Baleendah.

Seluruh peserta worshop daur ulang barang bekas menjadi kerajinan tangan yang diselenggarakan oleh Alfamart ini begitu antusias mengikuti pelatihan tersebut. Bermula dari pembekalan materi cara membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual dan dilanjutkan dengan praktek cara merangkai bunga anggrek dari bahan plastik bekas.

Untuk praktek merangkai bunga plastik tersebut, seluruh peserta diarahkan membuat pola bunga dari kertas, setelah berhasil membuat mal/pola, kemudian membentuk bagian-bagian bunga, setelah semuanya terbentuk dari mulai kelopak hingga putik bunga, kemudian dilakukan pewarnaan dengan cat semprot. 

Adapun cara untuk menyatukan bagian-bagian bunga tersebut sangat sederhana, yaitu ditusuk dengan penitik yang sudah dipanaskan pada bagian tengah rangkaian bunga, kemudian ditekan dengan jempol dan telunjuk hingga potongan plastik tersebut menyatu.

Bunga anggrek plastik ini bisa dijadikan bros untuk penghias kerudung dan bisa juga dirangkai dengan batang serta daun, kemudian disimpan dalam pot bunga, atau bisa juga ditempel pada pigura foto yang dipercantik dengan akar-akar buatan serta LED warna-warni. 

Tidak hanya gelas plastik yang didaur ulang menjadi kerajinan tangan yang cantik, botol air mineral pun tidak luput dari sentuhan tangan sang kreator yang disulap menjadi setangkai bunga nan indah, lengkap dengan batang dan daunnya.

Setelah mendapatkan pembekalan tentang bagaimana cara mendaur ulang barang bekas ini, seluruh peserta merasa senang dan sangat terinspirasi serta semangat untuk membuat aneka kerajinan dengan cara memanfaatkan limbah rumah tangga.

Pelatihan singkat daur ulang limbah plastik di Alfamart Patrol, Baleendah ini berjalan lancar dan berhasil mengubah pola pikir Ibu-ibu warga sekitar menjadi manusia kreatif, dan tidak hanya konsumtif dengan berbagai produk asesoris, melainkan menjadi orang yang produktif dengan membuat karya kerajinan tangan yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

2 komentar:

  1. Wah seru ya, barang bekas jadi bermanfaat lagi kalau kita kreatif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh seru banget, bisa mengurangi sampah juga

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar