Destinasi Wisata Alam Gunung Buligir Majalengka

Posted by

Destinasi Wisata Alam Gunung Buligir Majalengka
Destinasi Wisata Alam Gunung Buligir Majalengka. 
Pesona wisata alam Majalengka kian banyak diminati oleh para penikmat keindahan lukisan alam, karena begitu banyak pilihan tempat rekreasi yang dapat dikunjungi ketika musim libur tiba, salah satu tempat wisata yang banyak pengunjungnya adalah obyek wisata alam Gunung Buligir yang beralamat di Desa Silihwangi, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Gunung Buligir Majalengka merupakan sebuah gunung yang hampir seluruh permukaanya berbentuk bongkahan batu berukuran besar tanpa ditumbuhi pepohonan seperti gunung pada umumnya. Penamaan Gunung Buligir diambil dari bahasa setempat, yaitu Bahasa Sunda, dimana kata buligir ini memiliki arti telanjang atau tanpa pakaian, seperti halnya pada gunung tersebut yang terlihat terbuka tanpa diselimuti pepohonan.

Meskipun gunung ini tidak rimbun dengan pepohonan, tapi cuaca disekitarnya tetap sejuk. Semilirnya angina saat berada di puncak gunung seakan membelai tubuh dan membasuh keringat yang bercucuran setelah berjalan kaki menapaki jalan setapak hingga tiba di puncak gunung.

Pemandangan alam yang indah terlihat jelas sejauh mata memandang dari ketinggian, hamparan pedesaan yang berundak-undak seakan memanjakan mata. Suasana alam yang jauh dari keramaian kota membuat tempat wisata Gunung Buligir ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat dan melepaskan kepenatan pikiran. 

Satu hal yang membuat tempat wisata ini terasa unik adalah saat permukaan batu Gunung Buligir ini dipukul dengan tangan atau dengan cara menghentakan kaki, maka akan keluar suara nyaring seperti bunyi alat music tabuh. Dengan keunikannya ini, gunung batu ini banyak diminati para wisatawan, baik warga lokal maupundari luar kota.

Tidak hanya pemandangan alam saja yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, karena telah tersedia beberapa spot foto yang sudah menanti Anda untuk mengabadikan momen indah di puncak Gunung Buligir, selain itu ada juga menara pandang yang dapat digunakan  untuk menikmati pemandangan dari ketinggian sambil berfoto atau atau selfie. 

View cantik yang ditawarkan Gunung Buligir ini banyak diburu oleh para fotografer maupun selebgram. Tidak hanya itu, obyek wisata ini pun sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat pengambilan foto sebelum pernikahan/Pre Wedding, karena back ground alamnya yang sangat indah membuat hasil gambar terlihat cantik dan menarik.

Rute menuju obyek wisata Gunung Buligir Majalengka
Bagi Anda yang akan berwisata ke Gunung Buligir bisa memilih jalur termudah, yaitu dari arah Jatiwangi atau Rajagaluh, maupun  dari Kadipaten, bisa langsung menuju ke Cigasong, lalu dilanjutkan ke arah Maja dan Talaga. Dari perempatan Talaga ambil kea rah kanan menuju Bantarujeg sejauh 2,5 Km. 

Setelah menemukan jembatan Cilutung kemudian naik ada pertigaan, ambil kea rah kiri, yaitu kea rah Desa Salawangi, dari pertigaan tersebut lokasi wiasata Gunung Buligir berjarak kuarng lebih 3,5 Km. Agar lebih memudahkan perjalanan sebaiknya bertanya kepada warga setempat, tidak perlu takut karena warga penduduknya ramah dan baik hati.

Blog, Updated at: 12:39 AM

0 komentar:

Post a Comment