Destinasi Wisata Alam Gunung Buligir Majalengka

Destinasi Wisata Alam Gunung Buligir Majalengka
Destinasi Wisata Alam Gunung Buligir Majalengka. 

Destinasi Wisata Alam Gunung Buligir Majalengka - Pesona wisata alam Majalengka kian banyak diminati karena begitu banyak pilihan tempat rekreasi yang dapat dikunjungi ketika musim libur tiba. Salah satu tempat wisata yang banyak pengunjungnya adalah obyek wisata alam Gunung Buligir yang beralamat di Desa Silihwangi, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Gunung Buligir Majalengka merupakan sebuah gunung yang hampir seluruh permukaanya berbentuk bongkahan batu berukuran besar tanpa ditumbuhi pepohonan seperti gunung pada umumnya.

Penamaan Gunung Buligir diambil dari bahasa setempat yaitu Bahasa Sunda. Kata buligir memiliki arti telanjang atau tanpa pakaian, seperti halnya di gunung tersebut yang terlihat terbuka tanpa diselimuti pepohonan.

Meskipun gunung ini tidak rimbun dengan pepohonan, tapi cuaca di sekitarnya tetap sejuk. Semilirnya angin saat berada di puncak gunung seakan membelai tubuh dan membasuh keringat yang bercucuran setelah berjalan kaki menapaki jalan setapak hingga tiba di puncak gunung.

Pemandangan alam yang indah terlihat jelas sejauh mata memandang dari ketinggian. Hamparan pedesaan yang berundak-undak seakan memanjakan mata. Suasana alam yang jauh dari keramaian kota membuat tempat wisata Gunung Buligir ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat dan melepaskan kepenatan pikiran. 

Satu hal yang membuat tempat wisata ini terasa unik adalah saat permukaan batunya dipukul dengan tangan atau dengan cara menghentakan kaki, akan keluar suara nyaring seperti bunyi alat musik tabuh. Dengan keunikannya ini, gunung Buligir banyak diminati para wisatawan, baik warga lokal maupundari luar kota.

Tidak hanya pemandangan alamnya yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, telah tersedia pula beberapa spot foto yang sudah menanti kalian untuk mengabadikan momen indah di puncak Gunung Buligir. Selain itu, ada juga menara pandang yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian sambil berfoto atau selfie. 

Pemandangan cantik yang ditawarkan Gunung Buligir ini banyak diburu oleh para fotografer maupun selebgram. Di obyek wisata ini juga sangat cocok untuk tempat foto pre wedding karena back ground alamnya yang indah membuat hasil gambar terlihat cantik dan menarik.

Rute menuju obyek wisata Gunung Buligir Majalengka

Bagi kalian yang akan berwisata ke Gunung Buligir bisa memilih jalur termudah yaitu dari arah Jatiwangi atau Rajagaluh, maupun  dari Kadipaten, bisa langsung menuju ke Cigasong, lalu dilanjutkan ke arah Maja dan Talaga. Dari perempatan Talaga ambil kea rah kanan menuju Bantarujeg sejauh 2,5 Km. 

Setelah menemukan jembatan Cilutung kemudian naik ada pertigaan, ambil kea rah kiri, yaitu kea rah Desa Salawangi. Dari pertigaan tersebut lokasi wiasata Gunung Buligir berjarak kuarng lebih 3,5 Km. Agar lebih memudahkan perjalanan sebaiknya bertanya kepada warga setempat, tidak perlu takut karena penduduknya ramah dan baik hati.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar