Alfamart Gelar Workshop Daur Ulang Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan

Workshop Daur Ulang Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan
Workshop Daur Ulang Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan . 
Selama ini sampah menjadi permasalahan yang belum sepenuhnya bisa terselsaikan, berbagai cara yang dilakukan oleh pemerintah telah dilakukan, namun apabila sumbernya belum bisa dihilangkan atau dikurangi, permasalahan tersebut tidak akan pernah ada akhirnya. Salah satu cara untuk mengurangi produksi sampah adalah dari diri sendiri, karena limbah rumah tangga menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar.

Limbah rumah tangga tidak semuanya menjadi sampah yang tidak berguna, karena sebagian dapat didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat bahkan bisa juga memiliki nilai jual. Dengan memanfaatkan sampah yang ada di rumah tersebut akan mengurangi jumlah limbah rumah tangga.

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan terbebas dari sampah, serta menciptakan sebuah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola risel modern Alfamart menggelar workshop daur ulang limbah kertas Koran menjadi kerajinan tangan yang bertempat di Rumah Albi Toko Kosar Cijambe, kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dari warga dan anggota PKK sekitar Kelurahan Pasir Endah, Kota Bandung. Selasa (17/10/2017).

Adapun tujuan dari dilkasanakannya kegiatan workshop daur ulang barang bekas menjadi kerajinan tangan ini adalah untuk :
1. Memberikan edukasi kepada masyarakat
2. Menciptakan produk yang mempunyai nilai jual
3. Mengembangkan kreatifitas yang lebih inovatif
4. Membangun masyarakat yang produktif
5. Memunculkan produk unggulan daerah
6. Mewujudkan masyarakat yang mandiri, inovatif dan berdaya saing

Workshop daur ulang dari limbah kertas koran bekas menjadi gantungan kunci ini menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidangnya yaitu seorang Kreator berasal dari Banjar Negara yang bernama Arianto alias Ari Gami.

Menurut Hari, barang - barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi sebenarnya bisa diolah menjadi barang kerajinan yang bermanfaat, bahkan bisa juga memiliki nilai jual.

"Kertas koran yang biasanya tidak dipakai lagi setelah dibaca, kini bisa dikumpulkan kemudian dibuat menjadi kerajinan yang bermanfaat dan cantik. Caranya cukup mudah, karena untuk membuat kerajinan tersebut cukup menggunakan bahan yang sederhana," ungkapnya.

Sebanyak 5 kg kertas koran bekas disulap menjadi berbagai kerajinan tangan dengan berbagai model, Ibu-ibu dari warga dan anggota PKK sekitar Kelurahan Pasir Endah inilah yang mendaur ulang kertas koran bekas tersebut menjadi barang bernilai ekonomis.

Seluruh peserta workshop antusias menyimak seluruh materi yang diberikan oleh sang narasumber, dan semuanya terlihat senang mengikutui pelatihan yang diselenggarakan oleh Alfamart tersebut. Karena selain mendapatkan edukasi, peserta pun bisa langsung berlatih membuat kerajinan dengan menggunakan bahan sederhana.

Sementara itu, Branch Manager Alfamart Bandung, Yosia Andika Pakiding bahwa kegiatan pelatihan masyarakat ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar Kelurahan Pasir Endah, Kota Bandung. Dengan harapan masyarakat bisa memiliki kemampuan mengolah barang bekas menjadikanya barang bernilai dan tentunya mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga.

Selain itu juga kegiatan daur ulang limbah kertas Koran ini merupakan upaya Alfamart dalam menumbuhkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat. "Semoga pelatihan ini menjadikan ibu-ibu rumah tangga lebih kreatif dan menjadi wirausahawan apabila sudah mahir dalam membuat kerajinan tersebut," pungkas Yosia.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar