Cipanas Nagrak, Tempat Berendam di Kaki Gunung Tangkuban Parahu

Posted by

Pemandian Air Panas Alami Cipanas Nagrak
Pemandian Air Panas Alami Cipanas Nagrak. 
Kawasan Lembang terkenal memiliki begitu banyak destinasi wisata yang indah dan menarik minat para wisatawan, seperti Kawah Gunung Tangkuban Parahu, The Ranch, Grafika Cikole, Floating Market, The Loadge Maribaya dan masih banyak lagi yang lainnya. Masih disekitaran Lembang, yaitu di Kampung Nagrak, terdapat sebuah pemandian air panas yang baru-baru ini mulai ramai dikunjungi wisatawan, tepatnya di Jln. Nagrak Tengah, Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kec. Lembang, Kab.Bandung Barat, Jawa Barat.

Karena pemandian air panas ini berlokasi di Kampug Nagrak, maka oleh warga setempat diberi nama Cipanas Nagrak (Pemandian air panas Nagrak). Meskipun belum dikelola secara khusus dan hanya ada faslitas seadanya, namun tempat wisata ini sudah mengundang rasa penasaran para wisatawan, sehingga banyak orang yang mencari informasinya melalui media sosial atau internet.

Ciapanas Nagrak terletak di atas lahan milik pribadi yang baru-baru ini dikelola oleh pemuda setempat. Karena lokasinya tepat berada di antara perbatasan Kampung Kancah dan Kampung Nagrak, maka sistem pengelolaanya dilakukan oleh Karang Taruna kedua kampung tersebut. Kolam rendam Ciapanas Nagrak ini berbeda dari kolam rendam air panas lainnya, karena kolam untuk berendam di Ciapanas Nagrak benar-benar sederhana tanpa menggunakan tembok dan keramik seperti kolam renang lainnya.

Fasilitas kolam di Cipanas Nagrak benar-benar sederhana, aliran air belerang yang keluar langsung dari sumber mata air yang mengalir deras dan jatuh dari tebing kemudian dibendung dengan menggunakan karung berisikan tanah sehingga menjadi sebuah kolam yang dapat digunakan untuk berendam. Tidak hanya kolam rendam yang terbuat dari bendungan karung dan dibentuk seperti lambang hati saja yang dapat digunakan untuk menikmati hangatnya air belerang, dibawah air yang jatuh dari tebing yang mementuk air terjun pun terdapat sebuah kolam alami dengan ukuran kecil.

Selain dapat menikmati hangatnya air belerang, di Ciapanas Nagrak Lembang ini juga dapat dijadikan tempat selfie/berfoto ria dengan berlatarkan air terjun yang ada didekat kolam rendam yang pemandangannya sangat indah dan cocok untuk dijadikan penghias foto di akun Instagram (Instagramable), karena lokasinya yang berada di lahan berbukit, maka tempat wisata ini memiliki lahan yang berundak dan bertebing, sehingga itu semua menjadi sebuah keunikan obyek wisata ini, air yang terbuang dari kolam rendam mengalir ke bawah tebing dan membentuk air terjun yang lebih lebar bila dibandingkan dengan air terjun yang pertama. Background air terjun ini menjadi tempat favorit para pengunjung untuk mengabadikan momen indah dengan berfoto.

Fasilitas Cipanas Nagrak
Fasilitas Cipanas Nagrak. 
Fasilitas Cipanas Nagrak
Berhubung obyek wisata Cipanas Nagrak Lembang ini masih dikelola secara swadaya, maka fasilitas penunjang lainnya pun hanya alakadarnya saja. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di pemandian air panas Nagrak diantaraya, tempat parkir mobil dan motor berupa lapangan terbuka, kamar ganti yang terbuat dari bambu, mushola berbentuk saung berbahan bambu, beberapa saung yang digunakan sebagai warung yang menyediakan jajanan ringan dan kopi, saung tempat pemungutan tiket masuk, penyewaan ban untuk pelampung dan penyewaan tenda buat yang ingin kemping.

Rute menuju Ciapanas Nagrak
Rekreasi seru ke tempat wisata pemandian air panas Nagrak dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.  Untuk Anda yang masuk dari arah Lembang, langsung masuk ke Jln. Koloel Masturi, ikuti jalur tersebut hingga menemukan Jln. Nagrak Tengah yang letaknya di sebelah kanan jalan, lalu belok kanan masuk jalan tersebut hingga menemukan tempat parkir Cipanas Nagrak yang letaknya di sebelah kiri jalan, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 200 meter.

Bagi wisatawan yang masuk dari arah kota Bandung dapat menggunakan Jln. Setiabudhi hingga menemukan terminal Ledeng, lalu belok kiri masuk ke Jln. Sersan Bajuri, melewati tempat wisata Kampung Gajah dan Kampung Daun hinggga menemukan Jln. Kolonel Masturi, lalu belok kiri ke Jln. Nagrak Tengah sampai menemukan parkiran Cipanas Nagrak.

Rute berikutnya, bagi Anda yang masuk dari Kota Cimahi, langsung megarah ke Jln. Kolonel Masturi atau bisa juga dari Jln. Cihanjuang dengan melintasi tanjakan panjang dan Universitas Advent hingga menemukan Jln. Nagrak Tengah, kemudian belok kiri hingga menemukan tempat parkir dan dilanjut dengan berjalan kaki hingga sampai ke lokasi wisata pemandian air panas Nagrak Lembang.

Alamat Cipanas Nagrak :
Jln. Nagrak Tengah, Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kec. Lembang, Kab.Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka :
Pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket masuk per 02 September 2017
Weekday 
- Dewasa : Rp 5000
- Anak-anak : Rp 3000

Weekend
- Dewasa : Rp 10000
- Anak-anak : Rp 7000

Harga tiket masuk bisa berubah kapan saja sesuai ketentuan pihak pengelola



Blog, Updated at: 10:40 PM

0 komentar:

Post a Comment