Berikut Rangkaian Acara Festival Keraton Nusantara 2017 di Cirebon

Festival Keraton Nusantara XI tahun 2017.
Festival Keraton Nusantara XI tahun 2017. 
Siapa yang tidak kenal dengan Kota Cirebon yang memiliki banyak tempat wisata religi berupa peninggalan sejarah mas penebaran agam Islam di Jawa Barat, diantaranya peninggalan bangunan keratin yang sampai saat ini masih berdiri kokoh. Keraton merupakan sumber kebudayaan yang telah melahirkan karya-karya seni luhur sebagai pencerminan identitas budaya bangsa dan merupakan aset Nasional yang wajib dilestarikan.

Dalam rangka melestarikan budaya, mempererat tali silahturahmi serta persaudaraan dikalangan  raja dan kesultanan diseluruh Indonesia dalam bingkai kebhinekaan, Kota Cirebon menggelar Festival Keraton Nusantara XI tahun 2017.

Festival Keraton Nusantara (FKN) XI ini digelar di Kota Cirebon 15 - 19 September 2017. Untuk melaksanakan event besar ini berbagai persiapan telah  dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota  Cirebon bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebon.

Hajat akbar tahunan di Cirebon ini diikuti oleh 47 Keraton/Kesultanan se-Nusantara dan beberapa kerajaan dari negara tetangga. Adapun materi yang akan disajikan dalam Festival Keraton Nusantara ini adalah rangkaian pagelaran seni dan budaya bernuansa keratin, diantaranya:
1. Kirab Agung Prajurit Keraton
2. Pagelaran Kesenian Keraton
3. Pagelaran Upacara Adat Keraton
4. Pagelaran Busana Keraton
5. Pameran Benda-Benda Pusaka Keraton
6. Pertemuan Raja/Sultan Nusantara
7. Seminar dan Dialog Naskah Kuno Keraton Nusantara

Tempat berlangsungnya Festival Keraton Nusantara ini berada di tiga Keraton yang ada di Cirebon,yang terdiri dari Keraton Kasepuhan,Keraton Kanoman dan Kacerbonan. Beberapa titik tempat milik Keraton pun dipersiapkan, salah satunya Taman Air Sunyaragi yang digunakan sebagai tempat utama dalam mendukung pelaksanaan FKN XI.

Berikut Rangkaian Kegiatan FKN XI Tahun 2017 di Kota Cirebon  :

1. Sabtu, 16 September 2017, berlokasi di Alun-alun Kasepuhan
• Pembukaan FKN XI dan Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara dengan titik Start Alun-alun Kasepuhan dan Finish di Alun-alun Kejaksan (terbuka untuk umum)

2. Sabtu, 16 September 2017 s/d Senin 18 September 2017
• Pagelaran Seni Keraton se Nusantara di Taman Gua Sunyaragi (terbuka untuk umum)
• Pameran Benda Pusaka Keraton se-Nusantara, berlokasi di Keraton Kanoman (terbuka untuk umum)
• Pameran Kerajinan Rakyat Dekranasda Jawa Barat dan Produk Kreatif berlokasi di Jalan Pasuketan Depan BAT (terbuka untuk umum)

3. Minggu, 17 September 2017
• Musyawarah Agung Raja/Sultan Nusantara berlokasi di Hotel Grage

4. Senin, 18 September 2017
• Seminar dan Dialog Naskah Kuno Keraton Nusantara, berlokasi di Alun-alun Keraton Kasepuhan (terbuka untuk umum)
• Penutupan dan Pagelaran Kesenian, Busana dan Upacara Adat, berlokasi di Taman Gua Sunyaragi (terbuka untuk umum). (FKN Cirebon)

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar