Kampung Toga, Tempat Rekreasi Keluarga di Sumedang

Posted by

Kampung Toga Sumedang.
Kampung Toga Sumedang. 
Masih dari kawasan Sumedang Tandang yang memiliki kuliner khas berjenis tahu yang sudah terkenal diseluruh Nusantara. Selain dikenal dengan hasil kulinernya, kota ini memiliki potensi wisata yang sangat banyak dan vareatif, sebut saja salah satunya yaitu wahana bermain air Kampung Toga yang berlokasi di Jln. Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang, Jawa Barat.

Kampung Toga merupakan tempat rekreasi keluarga dengan lingkungan pegunungan yang indah dan nyaman, dimana nama tempat wisata ini berasal dari singkatan Kampung Tanaman Obat Keluarga (Toga). Sesuai dengan namanya, disekitar lokasi wisata yang berdiri di atas lahan seluas 16.25 ha ini banyak terdapat tanaman yang dapat dijadkan obat-obatan atau biasa juga disebut apotek hidup, sehingga pengunjung dapat belajar tentang tumbuhan apa saja yang bisa dijadikan sebagai bahan obat.

Lokasi destinasi wisata Kampung Toga yang berada di atas perbukitan membuat tempat ini memiliki jangkauan pemandangan yang luas. Dari puncak bukit Toga terlihat hamparan pesawahan, sungai dan perkebunan dengan panorama alam pedesaan yang masih sejuk dan hijau.

Rekreasi bersama keluarga di Kampung Toga tentunyan sangat menyenangkan, salah satu wahana yang menjadi pilihan favorit pengunjung adalah kolam renang dan waterboom sepanjang 160 meter dan tinggi 30 meter dengan situasi luncuran dari bukit Toga mengarah ke kolam renang.

Wahana air Kampung Toga
Tempat bermain air di Kampung Toga memang sangat cocok untuk keluara dan anak kecil serta untuk atlet renang, karena memiliki fasilitas yang disesuaikan, yaitu Kolam rekreasi, kolam keluarga dan kolam prestasi.

1. Kolam renang rekreasi
Kolam renang ini dilengkapi dengan fasilitas untuk bermain anak dan ornament yang bernuansa alam

2. Kolam renang keluarga
Kolam renang untuk keluarga, baik anak maupun dewasa dengan nuansa alam terbuka

3. Kolam Terapi
Kolam ini khusus untuk pengunjung yang ingin merasakan gigitan ikan terapi yang memakan sel kulit mati, konon katanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4. Kolam renang Prestasi
Kolam renang ini biasa digunakan untuk berlatih para atlet renang, tapi pengunjung pun dapat menggunkannya untuk berlatih renang.

Villa/Cottage Kampung Toga
Tidak hanya menyediakan tempat wisata, Kampung Toga pun menawarkan villa/cottage dengan ukuran dan tipe yang beragam, diantaranya tipe Flamboyan, Bugenville, Rose, Sedapmalem, Kenanga, Ayudia I, Ayudia II, Ayudia II, Mangangeke, Merpati, Nuri, Jalak, Elang, Soeniy, Anis dan Kenari. 

Restoran Kampung Toga 
Restoran di Kampung Toga menyediakan berbagai menu khas Sunda dengan suasana pedesaan, salah satu menu andalan restoran Toga adalah Nasi liwet komplit gurame bakar dan Nasi timbel komplit karedok dan balado terong. 

Untuk menu yang lainnya ada nasi putih, ayam goreng, tahu tempe, sambel, gepuk, karedok, lalap, sayur asem, sayur lodeh, ikan asin, bajigur, bandrek, cente manis, talam, bugis, lontong isi/bacang lemper, lumpia, opak, keripik, acar nila atau mas, pepes tahu, gehu dan masih banyak lagi.

Outbond Kampung Toga
Fasilitas outbond Kampung Toga terdiri dari kegiatan olah raga yang dilakukan di darat, air dan udara. Aktifitas darat berupa rekreasi keluarga dengan menikmati suasana alam pegunungan, jalan-jalan dengan suasana pedesaan, naik sepeda gunung, untuk kegiatan outbond lengkap dengan segala fasilitas dan permainannya. 

Sedangkan untuk aktifitas di air ada kegiatan raffting atau arung jeram, kolam renang dewasa dan anak-anak dengan nuansa pegunungan. Satu lagi yang paling menantang adalah aktifitas udara, yaitu olahraga dirgantara berupa paralayang dan gantole, sehingga pngunjng dapat menikmati indahnya panorama Kampung Toga dari udara. 

Alamat Kampung Toga :
Jln. Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang, Jawa Barat
Tlp Office : 0261 2200 396
No Hp : 085316635005/ Rina Krisnawati
No Hp  : 081322968747/ Linda

Blog, Updated at: 8:38 AM

0 komentar:

Post a Comment