Icha ZR, Pembalap Grasstrack Wanita Dari Ciamis Jawa Barat

Icha ZR, Pembalap Grasstrack Wanita Dari Ciamis
Icha ZR, Pembalap Grasstrack Wanita Dari Ciamis
Pic by Icha ZR

Icha ZR, Pembalap Grasstrack Wanita Dari Ciamis Jawa Barat - Grasstrack adalah sebuah ajang balap motor menggunakan track tanah, namun berbeda dengan motocross, karena dalam jenis balapan ini kapasitas mesin motornya dibatasi, sementara kapasitas mesin motocross lebih besar dari grasstrack, dan motor yang digunakan pun memang khusus motor balap.

Jenis motor yang digunakan pada umumnya mempunyai kapasitas mesin mulai dari 110 cc sampai 125 cc, dan motor yang di gunakan pun bebas, asal memenuhi kriteria yang berlaku. Dalam ajang balapan grasstrack mempunyai beberapa kelas, mulai dari kelas bebek 4 tak open, kelas bebek 4 tak pemula dan kelas bebek 2tak-4tak campuran, serta kelas FFA (Free For All) Khusus Wanita.

Icha ZR, Pembalap Grasstrack Wanita Berprestasi Dari Ciamis 

Kelas FFA Khusus wanita menjadi hal baru yang memiliki daya tarik tersendiri. Di ajang balap motor ini para srikandi mengadu kecepatan dengan menungang kuda besi di atas lintasan balap. Salah satu pembalap grasstrack wanita yang sudah mengumpulkan banyak prestasi dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jawa Barat adalah Icha ZR. Wanita kelahiran Sukamantri, Kab. Ciamis, 23 Januari 1997 ini memiliki nama asli Diska Dakhiliyah.

Icha ZR mulai terjun di dunia balapan grasstrack pada tahun 2015, yaitu pada event Kejurda seri 1 di sirkuit Cikande - Jatinagara Ciamis. Gadis belia anak ke 2 dari 2 bersaudara ini menyukai grasstrack karena menurutnya balapan ini sangat memacu adrenalin dan balap motor juga memang sudah menjadi hobinya.

Wanita yang akrab disapa Icot ini mengaku merasa seru dan greget saat sedang adu kecepatan di atas lintasan balap karena momen itu sangat disukainya. Dari momen itu juga dia menjadi lebih paham apa artinya sebuah perjuangan.

Saat masih SMP, Icha sempat tidak diizinkan untuk ikut balap motor oleh Ibu dan Bapaknya. Namun gadis cantik ini memaksakan kehendaknya untuk mengikuti sebuah event balap dan terbukti berhasil menjadi juara. Dengan prestasi yang diraihnya tersebut akhirnya Icha mendapat restu dari kedua orang tuanya.

Diska Dakhiliyah pembalap Grasstrack dari Ciamis
Diska Dakhiliyah pembalap Grasstrack dari Ciamis
Pic by Icha ZR
 

“Karena terjun di dunia balap motor adalah hal yang sangat aku inginkan, jadi apapun risikonya aku sudah siap menanggungnya, dan aku suka dengan rintangan.” Kata Icha ZR saat diwawancara, Sabtu (22/07/2017).

Untuk menjadi seorang pembalap berprestasi seperti sekarang ini, Icha belajar di sekolah balap Ade Chandra (68 racing school) selama kurang lebih satu tahun. Hingga akhirnya Icot bisa mengikuti balapan untuk pertama kalinya. Setelah menjadi pembalap grasstrack, Icha sering berlatih sendiri di sirkuit Tirta Pasir Raya Panjalu, dan melakukannya sebanyak dua kali dalam seminggu.

Untuk menambah skil balapnya gadis ini sering memperhatikan para senior yang sedang balapan dan kemudian meniru tekniknya saat latihan. Selain latihan dan balapan, aktivitas lain yang dilakukan oleh Icha ZR adalah melakukan latihan fisik tambahan seperti lari, bersepeda, dan sisa waktunya dipakai buat main layaknya gadis remaja yang lainnya.

Hasil dari jerih payahnya dalam menekuni dunia balap, Diska pun meraih 28 kali juara dari kejuaraan grasstrack open, acara lokal hingga Kejurda. Kesuksesannya saat ini tidak terlepas dari dukungan seorang mekanik andal bernama Yusep Syddik dan tim khusus dari YRM-DorDarRacingTeam, serta dukungan sponsor dari VariasiMX, WearMXPro, dan OscarBan Bandung.

Wanita penunggang kuda besi ini sangat berharap bisa mengikuti ajang Kejurnas grasstrack, namun untuk saat ini kejuaraan tingkat Nasional FFA Wanita di grasstrack masih kurang banyak dan kelasnya pun masih supporting race.

Tidak hanya jago memacu kecepatan dalam lintasan, Icha juga sedikitnya mengerti tentang mesin motor, karena kebetulan mempunyai saudara yang membuka jasa bengkel motor di kawasan Ciamis. Untuk mengisi waktu senggangnya, Icha menyempatkan diri membantu saudaranya. Kalau sekadar bongkar pasang mesin, Dia bisa melakukannya sendiri. Namun untuk setting mesin, dirinya mengaku belum begitu mahir dan masih belajar.

Biodata Icha ZR
Profil Icha ZR
Profil Icha ZR
Nama Lengkap : Diska Dakhiliyah
Nama Panggilan : Icha ZR
Tempat Tanggal Lahir : Sukamantri Ciamis, 23 Januari 1997
Agama : Islam
Instagram : @icottonyon28

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar