Gathering dan Famtrip GenPI Jawa Barat 2017

Gathering dan Famtrip GenPI Jawa Barat 2017
Gathering dan Famtrip GenPI Jawa Barat 2017 
Program Pemerintah dalam pengembangan dunia pariwisata Indonesia semakin gencar dilakukan. Dalam hal ini terbukti dengan gerak cepat yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata di bawah pimpinan Arief Yaha, terus melakukan promosi wisata melalui berbagai macam media, salah satu penyebaran isu wisata dilakukan melalui jejaring sosial yang disebar disetiap Provinsi.

Para pengguna media sosial yang terjaring dalam program promosi wisata ini disebut Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Salah satu pasukan digital wisata yang tengah gencar-gencarnya melakukan promosi berbagai destinasi wisata adalah GenPI Jawa Barat. Untuk mempekuat pasukannya, GenPI Jabar telah melakukan rekrutmen anggota dengan memberikan tawaran perekrutan melaui Medsos.

Dengan banyaknya peminat menjadi anggota GenPI Jabar, sehingga terjaring ratusan pegiat media sosial. Untuk memberikan bekal wawasan tentang promosi wisata melalui media sosial, maka dilakukan lah sebuah gathering khusus untuk pembekalan materi yang bertempat di Villa Istana Bunga, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sabtu (15/07/2017).

Pembekalan materi dilakukan langsung oleh Don Kardono, selaku Staf Khusus Kementrian Pariwisata Indonesia. Dalam kesempatan ini seluruh anggota GenPI Jabar mendapatkan arahan dan pengetahuan tentang bagai mana cara mempromosikan obyek wisata yang ada di daerah masing-masing melalui medsos. Kenapa media sosial dijadikan sebagai andalan untuk memperkenalkan pariwisata ? Alasannya, karena mayoritas warga Indonesia sudah mengenal dan menggunakan yang namanya media sosial, baik itu berupa Facebook, Twetter, Instagram, Blogger, Line dan yang lainya.

Dimana peran Medsos tersebut memiliki pengaruh besar dalam kehidupan saat ini, betapa tidak, hampir seluruh warga negara ini sudah menganggap sosial media ini sebagai kebutuhan sehari-hari. Sehingga sangat lah tepat apabila digunakan untuk hal yang positive, yang salah satunya adalah untuk mempromosikan dunia pariwisata Indonesia.

Famtrip Gunung Tangkuban Parahu Bandung 2017

Gathering GenPI Jawa Barat belangsung selama dua hari, dan acara di hari terakhir, yaitu 16 Juli, diisi dengan melakukan famtrip ke kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu dengan menggunakan lima buah mobil Landrover. Keseruan terjadi selama perjalanan menuju destinasi wisata yang terkeal dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi, dimana rombongan dibawa melintasi track Offroad perkebunan Sukawana Lembang.

Famtrip Bandung 2017
Famtrip Bandung 2017 

Track Offroad yang luarbiasa memacu adrenalin ini memberikan sensasi yang mendebarkan, sehingga selama perjalanan banyak peserta rombongan yang berteriak histeris karena merasa takut, senang, menantang, semua bercampur aduk menjadi satu. Awal perjalanan memasuki track Offroad Sukawana, melintasi jalan berbatu dan penuh dengan debu, tidak heran apabila baru melaju beberapa ratus meter saja, wajah peserta famtrip sudah dipenuhi dengan debu.

Setelah melintasi medan yang berbatu dan berdebu dengan tanjakan curam, lintasan mulai berubah menjadi berlumpur dan berair, banyak kubangan air dan lumpur yang harus dilintasi, terkadang mobil harus terbanting ke didinding tebing, miring kanan dan kiri, meloncati bebatuan, hingga perut terasa seperti dikocok.

Saat memasuki kawasan Cikole Lembang, perjalanan dihentikan sejenak untuk makan siang disebuah warung dan menjalankan ibadah Shalat Dzuhur. Sejuknya alam pegunungan, dikelilingi pepohonan yang rimbun dan indah, ditambah dengan sajian santap siang ala Offroader, yang menunya Nasi liwet, karedok, ayam, ikan dan sambal, maka tenaga yang sempat terkuras akibat terombang-ambing di dalam mobil menjadi pulih kembali.

Usai melakukan santap siang dan sholat Dzuhur, perjalanan dilanjutkan kembali menuju puncak Gunung Tangkuban Parahu. Medan jalan berikutnya masih sama seperti track offroad yang sudah dilaui. Tetapi itu semua tidak berlangsung lama, karena medan berikutnya beraspal mulus hingga ke puncak Gunung.

GenPI Jabar Ekplore tempat wisata Gunung Tangkuban Parahu
GenPI Jabar Ekplore tempat wisata Gunung Tangkuban Parahu

Melintasi jalan aspal yang meliuk atau berbelok-belok serta menanjak dan disepanjang pinggir jalan dihiasi pepohonan yang masih asri, membuat perjalanan teras nyaman dan sejuk. Semakin puncak maka udara pun semakin dingin dan berkabut dan hingga akhirnya tiba di pinggir Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu.

Selama berada di obyek wisata ini, seluruh peserta famtrip mendapat kesempatan untuk mengeksplore keindahan Kawah Ratu. Berbagai cara dilakukan untuk mendapat hasil foto yang indah yang nantinya akan menjadi penghias postingan di media sosial dan sekaligus sebagai ajang promosi.

Butuh waktu cukup lama untuk mengeksplore kawah yang ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu ini, dan hingga akhirnya terkalahkan dengan suhu udara yang semakin sore semakin dingin, lalu rombongan kembali turun gunung menuju tempat semula dan melanjutkan trending topik disebuah cafe yang ada di Jln. Kolone Masturi. Target trending topik pun tercapai, lalu rombongan membubarkan diri menuju rumah masing-masing. 

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar