Tape Ketan Khas Kuningan, Rasanya Semanis Madu

Tape Ketan Khas Kuningan
Tape Ketan Khas Kuningan 

Tape Ketan Khas Kuningan, Rasanya Semanis Madu - Untuk orang yang baru pertama kali melintas di kawasan Kabupaten Kuningan pasti akan terheran-heran karena melihat pemandangan yang tidak akan dijumpai di tempat lain. Hal unik tersebut adalah karena banyak pedagang yang menjajakan ember hitam dengan ukuran kecil dan besar. 

Sepintas mungkin tidak akan menyangka kalau para pedagang tersebut sedang menjual makanan kuliner khas Kuningan yang sangat enak. Isi dari ember hitam yang banyak dijajakan di saung-saung pinggir jalan tiada lain adalah peuyeum ketan (tape Ketan) Khas Kuningan

Tape ketan khas Kuningan ini terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Kemudian dibungkus dengan daun jambu air dan diberi pewarna dengan daun katuk. Sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa enak. 

Peuyeum ketan terbuat dari bahan-bahan alami. Proses pembuatannya pun tidak menggunakan bahan pewarna kimia atau pengawet makanan. Jadi, kalian tidak perlu khawatir untuk mencicipinya. Rasanya sangat manis dan banyak orang yang bilang rasanya semanis madu. 

Kuliner yang berbahan dasar beras ketan ini diolah secara tradisional dengan resep warisan turun temurun. Salah satu sentra produksi tape ketan khas kuningan berada di Desa Tarikolot, Kec. Cibeureum, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Pada awalnya tape ketan ini hanya untuk dikonsumsi oleh keluarga. Namun, saat hari besar keagamaan banyak warga sekitar yang memesan, hingga akhirnya kuliner tersebut dikenal dan banyak peminatnya. 

Setelah dikenal oleh masyarakat lokal, produksi tape ketan lebih ditingkatkan lagi dan mulai melakukan pemasaran secara luas. Hingga akhirnya makanan ini menjadi oleh-oleh khas Kuningan yang banyak dicari oleh para konsumen.
Salah satu poduk tape khas Kuningan yang paling popular hingga saat ini adalah tape ketan Pamela dan Rasa Madu, dengan rasanya yang manis dan berair seperti madu.

Cara pembuatan peuyeum ketan khas Kuningan ini cukup mudah dan simpel dan semua orang bisa coba membuatnya. Berikut bahan-bahan yang harus disediakan serta cara pembuatannya. 

Bahan-bahan Tape Ketan Khas Kuningan

  • ½ kg beras ketan putih.
  • 5 sendok makan gula pasir.
  • 400 ml air panas.
  • 1 liter air.
  • 2 sendok makan pandan pasta.
  • Ragi secukupnya.
  • Daun Lengkuas secukupnya.
  • Daun katuk untuk pewarna secukupnya.
  • Daun jambu air untuk pembungkus tape.


Cara Membuat Tape Ketan Khas Kuningan

Setelah semua bahan yang diperlukan siap, cuci beras ketan hingga bersih kemudian rendam dalam campuran 1 liter air dan pandan pasta selama satu malam.

Tiriskan beras yang sudah direndam, lalu kukus sampai meletup-letup. Sambil menunggu beras matang, masak air sebanyak 400 ml hingga mendidih, lalu siramkan ke dalam ketan yang masih panas. Aduk hingga rata, lalu kukus kembali selama seperempat jam. 

Angkat dan dinginkan selama beberapa saat. Jika sudah dingin kemudian dihaluskan. Tambahkan campuran lengkuas dan daun katuk yang diremas dengan air, kemudian disaring untuk dijadikan pewarna. Aduk sampai rata.

Taburkan ragi tipis-tipis hingga rata di atasnya dan taburkan juga gula pasir. Nasi ketan yang sudah ditaburi ragi kemudian dibungkus kecil-kecil menggunakan daun jambu air. Kemudian simpan dalam tempat tertutup dan diamkan selama 3 hari. Tape ketan khas Kuningan pun sudah siap untuk disajikan dan dinikmati bersama keluarga.

Baca juga Saroja, Kuliner Khas Sunda yang Melegenda

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar