Wisata Alam Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka

Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka 

Wisata Alam Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka - Perkembangan dunia pariwisata semakin menggeliat dengan mudahnya cara mencari atau mempromosikan destinasi wisata melalui media sosial. Salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam nan indah adalah Terasering Panyaweuyan Argapura yang berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Terasering Panyaweuyan adalah sebuah perbukitan dengan kemiringan tanah antara 25 sampai 40 persen yang dibentuk berundak-undak menjadi terasering. Bukit yang berada di kaki Gunung Ciremai ini digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan oleh warga setempat.  

Beberapa tanaman yang tumbuh subur di tempat ini di antaraya bawang daun, bawang merah, seledri, ubi jalar, dan padi. Ketika tanaman sedang tumbuh dan menghijau, Terasering Panyaweuyan akan terlihat sangat indah. Alur undakan trasering tampak indah meliuk disela-sela hijaunya tanaman yang subur.

Keindahan Terasering Panyaweuyan Argapura ini tidak kalah bila dibandingkan dengan Terasering yang ada di Ubud Bali. Berada di ketinggian antara 400 sampai 2000 Mdpl membuat tempat ini terasa sejuk dan bisa melihat keindahan alam sejauh mata memandang.

Daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata alam yang berada di perbatasan Kabupaten Kuningan ini, mengundang banyak perhatian para penikmat wisata dan fotografi. 

Pertama kali tempat ini menjadi terkenal karena ada seseorang yang mengunggah fotonya ke media sosial. Dari situ menjadi awal membumingnya tempat ini hingga banyak wisatawan berdatangan untuk menikmati serta mengabadikan pemandangan di Terasering Panyaweuyan.

Untuk menikmati keindahan pemandangan alam yang letaknya berjarak 20 Kilometer dari pusat Kota Majalengka ini biasanya pengunjung datang lebih pagi. Lebih tepatnya saat matahari terbit hingga pukul 08.00. Saat masih pagi pemandangan akan terlihat lebih indah dan sejuk serta tanaman yang tumbuh di Terasering masih segar.

Di Terasering Panyaweuyan tidak tersedia fasilitas apapun karena kawasan ini tidak dikelola secara khusus untuk tempat wisata dan hanya sebuah kawasan pertanian. Buat kalian yang akan berkunjung sebaiknya membawa perlengkapan sendiri, terutama perbekalan.

Selain itu harap tidak merusak atau mengganggu tanaman karena akan merugikan pemilik lahan pertanian. Apabila tanaman tersebut rusak, hasil panen mereka akan berkurang.

Rute menuju Terasering Panyaweuyan Argapura
Buat kalian yang akan berkujung ke kawasan Terasering Panyaweuyan Argapura dapat mengikuti rute sebagai berikut:

Tujuan pertama adalah Kabupaten Majalengka, setelah tiba di Kota Angin tersebut kalian dapat melanjutkan perjalanan menuju Terminal Maja. Kemudian ikuti jalan yang mengarah ke Argalingga. Setelah tiba di pertigaan Sadasari - Sukasari belok kanan. Sesudah menemukan jembatan Cilongkrang, belok kiri menuju arah Teja Permana/Cibunut atau Cibuluh hingga sampai di lokasi Terasering Panyaweuyan Argapura.

Baca juga Objek Wisata Kampung Karuhun Sumedang

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar