05 May 2017

Wisata Alam Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka

Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka 
Wisata Alam Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka - Perkembangan dunia pariwisata semakin menggeliat dengan mudahnya cara mencari atau mempromosikan destinasi wisata melalui media sosial. Salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam nan indah adalah Terasering Panyaweuyan Argapura yang berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Terasering Panyaweuyan adalah sebuah perbukitan dengan kemiringan tanah berkisar antara 25 sampai 40 persen yang dibentuk berundak-undak sehingga menjadi sebuah terasering. Bukit yang berada di kaki Gunung Ciremai ini digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan oleh warga setempat.  

Beberapa tanaman yang tumbuh subur di tempat ini diantaraya bawang daun, bawang merah, seledri,ubi jalar, padi dan yang lainnya. Ketika tananman sedang tumbuh dan menghijau maka Terasering Panyaweuyan ini akan terlihat sangat indah. Alur undakan trasering tampak indah meliuk disela-sela hijaunya tanaman yang subur.

Keindahan Terasering Panyaweuyan Argapura ini tidak kalah bila dibandingkan dengan Terasering yang ada di Ubud Bali. Berada diketinggian antara 400 sampai 2000 Mdpl membuat tempat ini terasa sejuk dan bisa melihat keindahan alam sejauh mata memandang.

Daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata alam yang berada di perbatasan Kabupaten Kuningan ini, mengundang banyak perhatian dari para penikmat wisata dan fotografi. 

Awalnya tempat ini menjadi terkenal adalah karena ada seseorang yang mengunggah fotonya ke media sosial, dan dari situlah menjadi awal membumingnya tempat ini hingga akhirnya banyak wisatawan dan Fotografer berdatangan untuk menikmati serta mengabadikan pemandangan di Terasering Panyaweuyan.

Untuk menikmati keindahan pemandangan alam yang letaknya berjarak 20 Kilometer dari pusat Kota Majalengka ini, biasanya pengunjung akan datang lebih pagi, atau tepatnya saat matahari terbit hingga pukul 08.00 karena, saat pagi pemandangan akan terlihat lebih indah dan sejuk serta tanaman yang tumbuh di Terasering pun dalam kondisi masih segar.

Karena kawasan ini tidak dikelola secara khusus untuk tempat wisata, dan hanya sebuah kawasan pertanian, maka tidak tersedia fasilitas apapun, untuk itu bagi para wisatawan yang akan berkunjung sebaiknya membawa perlengkapan sendiri, terutama perbekalan.

Selain itu harap tidak merusak atau mengganggu tanaman yang ada, karena akan merugikan pemilik lahan, apabila tanaman tersebut rusak maka hasil panen mereka akan berkurang dan penghasilannya pun sudah pasti ikut bekurang pula.  

Rute menuju Terasering Panyaweuyan Argapura
Bagi Anda yang akan berkujung ke kawasan Terasering Panyaweuyan Argapura dapat mengikuti rute sebagai berikut:

Tujuan pertama adalah Kabupaten Majalengka, setelah tiba di Kota Angintersebut Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Terminal Maja, kemudian ikuti jalan yang mengarah ke Argalingga, setelah tiba di pertigaan Sadasari - Sukasari belok kanan. Sesudah menemukan jembatan Cilongkrang, belok kiri menuju arah Teja Permana/Cibunut atau Cibuluh hingga sampailah di lokasi Terasering Panyaweuyan Argapura.

Baca juga Objek Wisata Kampung Karuhun Sumedang

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar