Obyek Wisata Kampung Karuhun Sumedang

Objek wisata Kampung Karuhun
Obyek wisata Kampung Karuhun 

Obyek Wisata Kampung Karuhun Sumedang - Sumedang merupakan kota kecil yang terkenal dengan produksi tahu yang gurih dan lembut. Selain dikenal dengan kulinernya, kota ini memiliki potensi wisata yang melimpah, salah satunya adalah destinasi wisata Kampung Karuhun yang berada di Jln. Pagar Betis, Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Objek wisata Kampung Karuhun merupakan kawasan wisata terpadu dengan nuansa alam yang masih asri. Tempat rekreasi ini berada di antara pesawahan yang berbukit dan lingkungan hutan tropis dengan ketiggian sekitar 1200 Mdpl. Suasana di Kampung Karuhun terasa sejuk dan nyaman, serta jauh dari keramaian.

Dalam kawasan hutan lindung yang masih asri dan sejuk ini masih terdapat berbagai jenis spesies satwa langka yang dilindungi seperti Elang, Lutung, Surili, Kera, berbagai jenis burung, danLandak.

Tempat rekreasi ini menawarkan wisata terpadu dengan konsep eco green park. Pengunjung akan disuguhi nuansa alam yang sangat kental dan disediakan pula berbagai macam bibit pohon seperti bibit durian montong, jambu, jeruk dan sirsak yang bisa ditanam di daerah konservasi atau bisa dibawa pulang untuk ditanam sendiri.

Tempat rekreasi yang berjarak tujuh Kilometer dari pusat Kota Sumedang ini bagian tengahnya terdapat sebuah aliran sungai Cihonje dengan air yang jernih. Aliran sungai ini berasal dari air Curug Cigorobog yang berada di hulu sungai tersebut. Selain itu terdapat pula perkebunan teh Margawindu yang hijau nan indah bagaikan hamparan karpet yang tertata rapi.

Berbagai fasilitas tersedia di objek wisata Kampung Karuhun yang akan memanjakan pengunjung seperti, restoran, meeting room, pojok seni, cottage, saung budaya, meeting room, wedding door, imah awi, bale awi, barak, dan tenda.

Tersedia pula berbagai wahana seperti atv, flying fox, Sepeda gantung, river tubbing, Kemah Ekslusif, Kolam renang,Waterboom, Futsal Lumpur, jembatan Cinta, sampai penangkaran rusa.

Kuliner Khas Kampung Karuhun

Berwisata ke Kampung Karuhun kurang lengkap apabila tidak mencicipi kuliner andalan yaitu Cobek Karuhun yang diolah dengan perpaduan resep buhun. Proses pegolahan Cobek karuhun dilakukan oleh Chef berpengalaman. Menu kuliner ini biasanya disajikan dengan nasi liwet komplit yang dibuat dadakan.

Untuk tempat menikmati hidangan ala Kampung Karuhun disediakan saung lesehan yang berjajar di sepanjang pingir sungai Cihonje. Di area ini kalian bisa menikmati pemandangan sungai yang bersih tanpa tercemar limbah. Tidak hanya ke-dua menu tersebut yang ada di kawasan wisata ini, masih banyak menu lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

Baca juga The Lodge Maribaya wisata outdoor dan ekstrem foto spot

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar