Curug Cikiwul Parangkongan

Curug Cikiwul Parangkongan - Masih dari kawasan Sukabumi yang kaya akan wisata alam, terutama wisata air terjun yang semakin hari bermunculan dengan bentuk dan ketingian yang berbeda. Salah satunya adalah Curug Cikiwul Parangkongan yang berlokasi di Kampung Punduk Curug, Dusun Cisalada, Desa Mekarwangi, Kecamatan Kalibunder, Kabupten Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cikiwul masih sangat asri dan belum begitu diketahui oleh banyak orang karena keberadaannya yang tersembunyi jauh dari keramaian. Obyek wisata ini baru medapat perhatian dari Kompepar Desa Mekarwangi, yaitu dengan melakukan pembenahan akses masuk lokasi wisata, seperti membentuk median jalan setapak dengan menambahkan sengkedan yang terbuat dari bambu untuk mempermudah pengunjung.

Air terjun yang berada di Kampung Punduk Curug ini memiliki keunikan tersendiri karena aliran air terjun di Curug Cikiwul Parangkongan ini bercabang-cabang. Dari atas curug terdapat tiga aliran air. Setelah turun di bagian tengahnya menjadi cabang kembali. Begitu juga ke bawahnya terjadi pencabangan yang membuat air terjun ini terlihat unik dan cantik.

Selain itu, keunikan air terjun ini adalah ada undakan batu di bagian tengah curug yang membentuk anak tangga yang bisa dinaiki. Namun sebaiknya jangan melakukan hal tersebut tanpa bimbingan dan pengawasan petugas karena batuan tersebut sangat licin.

Satu lagi penampakan alam disekitar Curug Cikiwul Parangkongan yang membuat objek wisata ini tampak unik adalah permukaan batuan di dinding tebing sekitar air terjun memiliki corak retakan yang unik berbentuk motif baju Spidermen.

Di dasar curug hanya terdapat kolam alam yang dangkal karena tumpahan air terjun tidak langsung menyentuh dasar dan harus mengikuti alur dinding tebing. Meskipun kubangan airnya cukup dangkal, pengunjung masih bisa bermain air di kolam tersebut.

Aliran air di Curug Cikiwul Parangkongan masih sangat jernih dan dingin menyejukan badan. Warga setempat mempercayai bahwa aliran air tersebut dapat memberikan kedamaian dan kesejukan hati bagi siapa pun yang berada di lokasi curug.

Memang hal seperti itu yang dirasakan oleh para wisatawan yang datang ke lokasi wisata Curug Cikiwul. Rasa damai dan sejuk yang didapat dari alam membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Dengan adanya terapi alam tersebut banyak wisatawan yang sengaja berkunjung untuk menikmati keindahan air terjun sekaligus untuk mendapatkan rasa tenang, damai, dan nyaman.

Rute Menuju Curug Cikiwul Parangkongan

Akses masuk lokasi wisata Curug Cikiwul Parangkongan terbilang sulit karena jaraknya jauh dari pusat kota. Bagi kalian yang akan berkunjung ke objek wisata ini dapat memlih rute sebagai berikut:

Dari Kota Sukabumi langsung menuju Lengkong, lalu belok kiri menuju mataram Puncak Buluh. Turun hingga pertigaan Cijaksa - belok kiri menuju arah Kalibunder. Nanti akan melewati jembatan Ciseureuh, sehabis jembatan 250 meter ada pertigaan ambil ke arah bawah. Kemudian belok kanan menuju Desa Mekarwangi, Kec. Kalibunder sejauh kurang lebih 4 KM. Perjalanan dilanjutkan lurus menuju kawasan Kp. Punduk Curug/Cikatomas. Maka kalian tiba di kawasan Curug Cikiwul Parangkongan.

Baca juga artikel tentang  Curug Cisurian Kabupaten Kuningan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar