Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan

Pemandian air panas Cibolang Pangalengan
Pemandian air panas Cibolang Pangalengan 

Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan - Kawasan Bandung Selatan terkenal dengan objek wisatanya, dari mulai air terjun, situ, perkebunan teh, hingga pemandian air panas. Salah satu pemandian air panas yang ada di Kawasan Bandung Selatan adalah pemandian air panas Cibolang yang terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pagalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Selama perjalanan menuju ke Cibolang Hot Spring akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan yaitu hamparan perkebunan teh Malabar yang luas layaknya karpet alami yang menyelimuti perbukitan. Indahnya perkebunan teh dengan alur-alur yang berkelok dan lekukan naik turun perbukitan akan menyegarkan penglihatan.

Lokasi perkebunan teh yang berada 1.450 meter diatas permukaan laut ini mengakibatkan suhu udara di tempat wisata terasa dingin dan menyejukan badan, dengan kisaran suhu antara 23 hingga 25 derajat celcius. 

Selain menikmati indahnya hamparan perkebunan teh, selama perjalanan menuju pemandian air panas Cibolang juga akan melintasi bangunan tua yang memiliki nilai sejarah yaitu bagunan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Banyak pohon tua berjajar di sepanjang jalan yang daunnya rimbun.

Pemandian air panas Cibolang mendapatkan suplai aliran air panas dari Gunung Wayang Windu dan berada dalam area seluas dua Hektar yang dikelilingi pepohonan yang rindang. Pemandian air panas ini sudah ada sejak lama yaitu pada tahun 1985. Saat itu hanya berbentuk kamar rendam atau kamar mandi tertutup.

Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini, maka pada tahun 1987 dibagun kolam renang yang pertama. Kolam ini bisa digunakan oleh anak-anak dan dewasa karena memiliki kedalaman yang berbeda dan ada tambang pembata antara tempat anak-anak dengan orang dewasa. 

Pada tahun 1990 pihak pengelola pemandian air panas Cibolang terus berbenah untuk menarik minat pengunjung dengan membangun kolam renang tambahan yang ukurannya lebih luas. Meskipun kolam ini ukurannya luas dan temboknya lumayan tinggi, tapi airnya tidak diisi penuh, karena kolam ini sengaja disediakan untuk anak-anak.

Dalam kolam kedua ini airnya pun tidak terlalu panas jika dibandingkan dengan kolam yang pertama. Sebagai fasilitas pelengkap, di kolam ini ada sebuah waterboom (tempat seluncuran/perosotan) dan ember tumpah.

Ada juga kamar dan kolam rendam yang lebih bersih dengan suhu air lebih panas. Untuk masuk ke kamar rendam ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000.,- dengan waktu selama 30 menit. Sebagai fasilitas pelengkap disediakan pula kamar ganti, kamar mandi, tempat bilas, Mushola, toilet, shelter, dan tempat sewa perlengkapan renang. 

Khasiat Air Panas Cibolang Pangalengan

Masyarakat setempat serta pengunjung lainnya mempercayai bahwa air belerang yang ada di Cibolang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti gatal-gatal dan budug. Selain dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, pemandian air panas ini dipercaya juga dapat menyembuhkan penyakit pegal-pegal, susah tidur(insomnia), rematik, dan encok. 

Destinasi wisata ini semakin hari semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan nyaman, pemandangan indah, dan sesekali bisa mendengarkan kicauan burung di alam liar.

Keunggulan lain dari pemadian air panas Cibolang adalah lokasinya yang strategis berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti rumah peninggalan Boscha, makam Boscha, situ Cisanti, Situ Cileunca, perkebunan teh Malabar, Helipad, dan Tangga seribu PLTA Lamajang.

Oleh-oleh Khas Pangalengan

Berpetualang di kawasan Pangalengan tidak lengkap apabila pulang tidak membawa oleh-oleh karena daerah bagian Kabupaten Bandung ini memiliki beberapa makanan khas yang jarang dijumpai di tempat lain. Di antaranya yang paling terkenal adalah susu murni KPBS, Karamel, dodol susu, keripik kentang, dan kerupuk susu.

Selain makanan kulinernya, Pangalengan pun terkenal dengan sayur mayur yang berkualitas seperti kentang, kol, wortel, lobak, tomat, dan labu.

Rute Menuju Lokasi Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan

Untuk yang baru pertama kali berkunjung ke lokasi wisata pemandian air panas Cibolang bisa memilih rute sebagai berikut:

Kalian yang berasal dari luar Bandung bisa langsung menuju Soreang, kemudian dilanjut menuju Banjaran.

Setelah tiba di pertigaan Banjaran, ambil kanan ke arah Pangalengan. Setelah tiba di Kecamatan Pangalengan akan menemukan pertigaan, dari pertigaan ambil kiri dan jalan terus sampai menemukan gerbang atau pintu perkebunan teh Malabar.

Dari pintu gerbang ambil kiri mengikuti alur jalan hingga menemukan plang petunjuk masuk ke kawasan Cibolang.

Ketika menemukan plang tersebut belok kiri, masuk melintasi jalan berbatu dan tiba lah di lokasi tujuan.

Perjalanan dari Soreang ke Pangalengan kurang lebih satu jam dalam kecepatan normal. Tapi kalau musim libur waktu tempuh akan lebih lama karena kondisi lalulintas menuju lokasi wisata biasanya meningkat signifikan.

Baca juga Curug Panganten Sukabumi

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar