Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall

Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall
Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall 

Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall - Kawasan Lembang terkenal dengan suhu udaranya yang sejuk dan terdapat begitu banyak objek wisata disetiap pelosoknya, baik itu wisata alam maupun wisata buatan, sehingga setiap musim libur tiba Kota kecil ini selalu dipadati oleh wisatawan.

Di salah satu sudut Kota yang sejuk ini terdapat sebuah wahana yang menawarkan tempat pemandian air panas sekaligus dua air terjun di dalamnya, yaitu Maribaya Natural Hot spring Resort Waterfall, lokasinya berada di Jln. Raya Maribaya No.105, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Lokasi Maribaya hot spring ini berada di kawasan hutan lindung yang masih asri dan banyak dikelilingi pepohonan besar yang rindang, sehingga suasanya terasa sejuk dan terlihat indah alami. Saat memasuki area objek wisata akan langsung menemukan sebuah loket pembayaran tiket masuk, dan kemudian setelah mendapatkan tiket untuk masuk akan disambut dengan pintu gerbang Eyang Raksa Dinata yang megah. 

Kolam Renang air panas Maribaya 
Objek wisata yang berada dalam cakupan kawasan hutan lindung Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda, ini memiliki fasilitas yang vareatif, diantaranya, Foodcourt Langlang Buana, Kolam renang air panas, kolam rendam VIP, Kamar Rendam, Sky Bridge Tapak Halimun, Family Fott Spa, Amphitheatre, TWIG CAFE, Rumah Hobbit dan Rabbit Feeding, Childen Playground dan lainnya.

Ada pun fasilitas yang menjadi tujuan utama para wisatawan adalah pemandian atau kolam rendam air panas yang terdiri dari kolam renang dan kolam rendam VIP. Sesuai dengan namanya "Maribaya" yang berasal dari kata Mari dan Baya (dalam bahasa Sunda), Mari(sehat) sedangkan baya(bahagia), maka sumber mata air panas alami yang berasal dari bumi ini dipercaya dapat menambah kebahagian dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya, rematik, pegal-pegal, gatal-gatal dan insomnia.

Menikmati wahana air panas ditengah hutan tropis yang sejuk, seakan memberikan suplay energi lebih bagi tubuh, terbukti kesegaran air belerang mampu memulihkan kembali kondisi tubuh yang sudah lelah. Bagi pengunjung yang ingin merasakan berendam air panas dengan kualitas air yang lebih jernih dapat memilih kolam rendam VIP, selain airnya yang jernih, kolam rendam ini disesain sealami mungkin, yaitu dengan menggunakan batuan kapur dari alam.

Curug Cikawari dan Curug Cigulung
Selain menikmati panasnya air belerang, di lokasi objek wisata Maribaya Hot Spring resort ini terdapat dua buah air terjun yang bernama Curug Cikawari dan Curug Cigulung. Meskipun kedua air terjun ini tidak terlalu tinggi, anmaun debit airnya lumayan deras,sehingga terlihat begitu indah.

Dengan adanya kedua curug tersebut tentunya menambah keindahan tempat ini, gemuruhnya aliran air yang mengalir dan jatuh dikedua air terjun ini menjadi suasana wisata begitu terasa menyatu dengan alam. Dikedua air terjun tersebut terdapat spot untuk berfoto, dan khusus untuk di curug Cikawari terdapat Pancuran Salpan (air yang memancur menggunakan talang bambu sebanyak sembilan buah) yang dapat digunakan untuk membasuh muka atau badan.

Rute menuju lokasi wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall
Akses jalan menuju lokasi wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall tergolong mudah, karena sudah beraspal dan dapat dilalui oleh kendaraan, untuk anda yang masuk dari Kota Bandung dapat menggunakan jalur Jln. Setiabudhi - Ledeng Lembang dan langsung menuju Maribaya, atau bisa pula menggunakan jalur Jln.Ir. H. Juanda(Dago) - Dago Giri - Cikidang Lembang - Maribaya. Sementara bagi pengunjung yang datang dari arah Subang, bisa langsung belok kiri menuju arah Maribaya. Lokasi Objek Wisata Maribaya Hot spring ini tepat berada di kanan jalan Maribaya.

Baca jua artikel tentang Objek wisata Situ Cileunca Pangalengan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar