Wisata Alam Situ Cipanten yang Indah

Wisata alam Situ Cipanten
Wisata alam Situ Cipanten

Wisata Alam Situ Cipanten yang Indah - tentang wisata alam yang ada di kawasan Kabupaten Majalengka seakan tiak pernah ada habisnya.  Banyak obyek wisata yang sudah dikenal masyarakat umum secara luas dan sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Tapi masih banyak pula obyek wisata yang masih tersembunyi dan belum diketahui banyak orang. Salah satunya adalah Situ Cipanten yang terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Telaga atau Situ Cipanten airnya murni dari alam dan terlihat lebih jernih. Permukaan air yang nampak tenang terhampar luas ini digunakan untuk pengairan, sarana perikanan, dan tempat wisata alam.

Kondisi alam di sekitar lokasi wisata masih perawan atau belum dijamah orang. Dijamin adem dan bikin betah pengunjung.

Wisatawan yang berkunjung ke telaga ini akan merasakan sensasi alam yang indah dengan udara sejuk dan mendapatkan ketenangan jiwa. Kalian akan merasa betah dan nyaman untuk duduk berlama-lama di pinggir telaga sambil menikmati lukisan alam yang cantik.

Saat pulang akan membawa kesan dan kenangan indah dari tempat wisata Situ Cipanten yang tersembunyi dari keramaian. Menikmati indahnya potensi alam yang natural dan indah di Situ Cipanten kurang lengkap rasanya apabila tidak mencoba berbaur dengan alam.

Air yang jernih ini seolah memanggil pengujung untuk turun dan berenang. Tapi bagi yang tidak bisa berenang sebaiknya jangan mencoba karena akan sangat berbahaya.

Selama ini objek wisata Situ Cipanten dikelola oleh pemerintah Desa Gunung Kuning dan masyarakat setempat. Berhubung Situ ini belum dikelola secara maksimal, belum bayak fasilitas yang disediakan oleh pengelola.

Tapi tidak usah khawatir, buat kalian yang akan berkunjung dengan membawa kendaraan sudah tersedia sarana parkir yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi wisata.

Rute yang dapat ditempuh untuk berwisata ke Situ Cipanten adalah terpusat dari Kabupaten Majalengka. Dari wilayah yang dikenal dengan julukan kota angin ini kalian dapat mengikuti jalan Raya Majalengka, kemudian masuk ke jalan Rajagaluh.

Setelah masuk jalur Rajagaluh, kemudian belok di Desa Salagedang. Perjalanan dilanjukan menuju ke Kecamatan sindang. Setelah masuk di wilayah Desa/Kec. Sindang perjalanan dilanjutkan menuju Desa Gunung Kuning.

Sebelum masuk masuk desa tersebut ada gapura untuk menuju objek wisata. Setelah melintasi gapura akan tiba di tempat wisata Situ Cipanten.

Baca juga artikel tentang Wisata edukasi Taman Sejarah Bandung

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar