Curug Cilutung Talaga yang Mempesona

Curug Cilutung Talaga
Curug Cilutung Talaga

Curug Cilutung Talaga yang Mempesona - Satu lagi pesona alam yang tersembunyi di balik sebuah Desa yang berada di pinggiran Kabupaten Majalengka adalah sebuah air terjun yang cantik dan menawan bernama Curug Cilutung

Letaknya yang tersembunyi menyebabkan air terjun ini tidak begitu dikenal orang atau wisatawan. Penyebab lainnya adalah belum adanya transportasi umum untuk menjangkau lokasi wisata tersebut. Curug Cilutung terletak di Desa Campaga, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, atau berjarak kurang lebih 28 KM dari pusat kota Majalengka.

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, bebatuan yang berada di tebing curug berbentuk lempengan-lempengan tiga dimensi. Pengunjung yang menyaksikan akan merasa sedang berada di dimensi lain. 

Mungkin ada yang bertanya kenapa air terjun ini diberi nama Curug Cilutung? Jawabannya, karena curug ini berada di aliran sungai Cilutung. Sungai ini memiliki ukuran atau lebar yang cukup luas dan debit airnya pun lumayan deras.

Meskipun curug ini tidak terlalu tinggi, tapi karena debit airnya yang deras menciptakan suara gemuruh. Kondisi alam yang masih belum tercemar oleh pengaruh lingkungan memberikan kesejukan dan kenyamanan saat berada di sekitar curug tersebut. 

Menikmati pemandangan alam yang memukau dengan ditemani gemuruhnya air yang jatuh dari atas tebing akan membuat kita lupa segala permasalahan yang sedang ada dalam pikiran.

Ada beberapa bebatuan yang terhampar dengan ukuran cukup luas yang dapat digunakan untuk berfoto atau selfie ria bersama keluarga atau sahabat. Batu tersebut bisa juga digunakan untuk tempat beristirahat dan makan bersama alias botram.

Ketika debit air sungai  tidak deras, pengunjung bisa menggunakan air terjun tersebut untuk mandi. Airnya dijamin masih bersih dan terasa dingin menyejukan badan. Namun kalau aliran air sedang dalam kondisi deras, sebaiknya jangan pernah coba-coba untuk mandi di aliran sungai tersebut karena sangat berbahaya.

Selama ini pesona keindahan Curug Cilutung menjadi daya tarik wisatawan lokal, bahkan tren selfie di tempat wisata yang yang berada di kawasan Desa Talaga Kulon ini sudah mulai menjamur.

Terlihat dari sekian banyak pemilik akun media sosial yang mengunggah foto-foto indahnya saat berada di curug tersebut. Keindahan foto curug Cilutung mengundang rasa penasaran bagi para wisatawan lainnya.

Rute jalan menuju Curug Cilutung

Bagi kalian yang akan berkunjung ke Curug Cilutung dapat menggunakan jalur berikut:

Untuk memudahkan perjalanan pencarian lokasi air terjun ini terpusat di Kabupaten Majalengka, kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan jalur Majalengka - Cikijing untuk menuju Kecamatan Talaga.

Setelah sampai di Talaga, kemudian ambil kanan menuju jalan yang mengarah ke Bantarujeg. Lalu ikuti jalur tersebut sampai menemukan dua kali perempatan. Di perempatan kedua belok kiri, setelah itu sekira 50 Meter kemudian belok kearah kanan dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan jalan buntu.

Setelah tiba di ujung jalan tersebut kalian dapat memarkirkan kendaraan dan menitipkannya kepada warga setempat. Perjalanan belum berakhir karena harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Dari ujung jalan tersebut berjalan kaki menuruni anak tangga yang ada di sebelah kanan jalan. Berikutnya akan menemukan sebuah dinding tembok yang bertuliskan PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) yang sudah tidak beroperasi lagi.

Saat tiba dibawah akan menemukan saluran irigasi, lalu ikuti saluran air tersebut yang mengarah ke Selatan hingga menemukan jalan setapak yang mengarah ke Sungai Cilutung.

Ketika tiba di Sungai Cilutung akan terlihat aliran sungai dengan hamparan bebatuan besar dan saat itu kalian sudah berada di atas Curug Cilutung.

Untuk bisa melihat jelaas penampakan air terjun tersebut kalian harus turun. Cara menuruni tebing tersebut harus melewati dinding cadas dan bebatuan. Semua usaha tersebut akan setimpal dengan yang akan kalian dapatkan di bawah sana.

Rasa lelah akan terobati dengan pemandangan indah yang menawan. Aliran sungai yang deras dengan suara gemuruh, pemandangan bernuansa pedesaan yang menyejukan mata serta ditemani dengan hembusan angin surga dari Curug Cilutung.

Selamat berkunjung dan jangan lupa siapkan fisik, mental, dan perbekalan. Satu lagi jangan pernah merusak lingkungan wisata, karena siapa lagi kalau bukan kita yang akan menjaga dan merawat alam sekitar.

Baca juga artikel tentang Wisata alam Situ Cipanten yang indah

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar