Waduk Jangari Cirata Cianjur

Waduk Jangari Cirata
Waduk Jangari Cirata

Waduk Jangari Cirata Cianjur - Waduk Cirata yang menghampar luas terbagi dalam tiga wilayah yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Purwakarata. Dengan total luas genangan air kurang lebih 62 Kilo meter, waduk tersebut dibangun untuk pembangkit tenaga listrik. 

Selain itu, hamparan perairan yang luas ini juga banyak digunakan sebagai tempat budidaya ikan dan tempat wisata. Waduk hasil membendung sungai Citarum ini memiliki keunikan tersendiri apabila dilihat dari segi wilayahnya. Sebut saja salah satunya adalah Waduk Jangari Cirata yang berada di Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Bendungan raksasa ini dijadikan sebagai tempat keramba ikan dan menjadi salah satu tujuan wisata air yang menyenangkan. Saat ini waduk Jangari dikelola oleh Pemerintah Daerah Ciajur. Tindakan yang dilakukan untuk menambah daya tarik pengunjung adalah dengan menyuguhkan atraksi kesenian, baik seni budaya daerah atau pun modern seperti seni Jaipongan dan Dangdut. 

Waduk yang berjarak kurang lebih 17 Kilo meter dari pusat Kota Cianjur ini memiliki fasilitas yang cukup memadai di antaranya tempat parkir yang cukup luas, warung – warung yang menyediakan makanan, saung – saung yang bisa disewa untuk beristirahat, dan tersedia pula tempat ibadah.

Aktifitas sehari – hari di wilayah bendungan Cirata ini diisi dengan lalu lalangnya para pengguna jasa perahu sebagai sarana transportasi untuk mengangkut barang dan orang. Perahu merupakan alat transportasi utama yang digunakan untuk mengangkut barang seperti ikan, pakan ikan, barang pemilik warung, dan pemilik keramba ikan.

Perahu bermesin genset tersebut bisa digunakan untuk mengangkut para wisatawan yang akan keliling menikmati indahnya pemandangan dari tengah waduk Jangari.

Rumah makan Tumaritis
Rumah makan Tumaritis

Rumah Makan Terapung Tumaritis

Di waduk Jangari ada rumah makan terapung yang lokasinya berada jauh di tengah hamparan perairan. Untuk menuju ke tempat warung yang menyajikan makanan khas perairan tersebut harus menggunakan jasa sewa perahu.

Ketika menempuh perjalanan menuju tengah danau tersebut kita akan disuguhi dengan indahnya pemandangan air dan bayak tempat jaring ikan terapung.

Sebut saja rumah makan Tumaritis yang berada di tengah perairan. Keberadaan tempat makan ini tidak terlihat dari pinggiran waduk Jangari karena lokasinya cukup jauh. Restoran terapung ini menyediakan berbagai masakan yang terbuat dari olahan berbagai macam ikan sperti ikan bakar, dan ikan goreng.

Selain bisa makan enak ditengah waduk, di area resto terdapat pula tempat terapi ikan. Pengunjung bebas menggunakan fasilitas tersebut untuk terapi dengan cara merendamkan kaki ke kolam ikan. Aktivitas terapi ikan bisa dilakukan sambil menyantap makanan karena lokasinya tepat berada di samping rumah makan. 

Para pemilik budidaya ikan jaring terapung di waduk Jangari ini membesarakan berbagai macam jenis bibit ikan di antaranya ikan Mujaer, ikan Gurame, ikan Bawal, dan ikan Mas.

Tempat ini sangat cocok untuk yang punya hobi memancing karena mancing mania di hamparan air yang sanagat luas memiliki tantangan tersendiri.

Untuk yang akan berkunjung ke lokasi yang memiliki potensi wisata sangat inidah ini jangan lupa tetap menjaga kebersihan dan jangan buang sampah sebarangan.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar