Tips menjaga Ibu hamil dan janin sehat serta cerdas

Tips menjaga Ibu hamil dan janin sehat serta cerdas
Tips menjaga Ibu hamil dan janin sehat serta cerdas

Setiap pasangan yang telah menikah pasti mendambakan memiliki seorang anak yang akan menjadi penerus masa depan. Selain pasangan tersebut kedua orag tua dari suami isteri pun pasti berharap segera mempunyai seourang cucu. Keluarga tanpa kehadiran seorang akan terasa hampa dan merasa kurang lengkap. 

Untuk calon ibu baru biasanya merasa cemas saat menjalani masa-masa mengandung janin karena belum tahu cara menjaga kandungan. Sekarang Ibu muda jangan cemas karena ada tips sederhana untuk bisa menjaga  Ibu hamil dan janin supaya sehat an cerdas.

Pertama, usahakan makan lebih banyak dari biasanya, jangan takut menjadi gemuk karena kesehatan ibu dan janin lebih penting. Perbanyak makan sayur dan buah serta dilengkapi dengan lauk pauk dan makanan bergizi.

Kedua, istirahat yang cukup dan jangan anyak begadang, tidur malam sedikitnya enam sampai tujuh jam dan siang hari usahakan tidur atau berbaring  sedikitnya satu sampai dua jam dalam setiap harinya.

Ketiga, tetap menjaga kebersihan diri karenankebersihan adalah salah satu bagian dari kesehatan,  diantaranya mandi, membersihkan  payudara dan daerah kemaluan, cuci rambut/keramas minimal dua atau tiga hari sekali, cuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir.

Keempat, ber aktivitas fisik misalnya berjalan kaki selama 30 sampai 60 menit setiap hari, berolahraga ringan sperti senam hamil atau bisa juga senam hamil dengan cara mengepel lantai menggunakan lap biasa dan dikerjakan langsung menggunakan tangan dengan posisi berjongkok.

Kelima, bersama suami lakukan stimulasi janin dengan cara berbicara dengan janin sejak hamil muda dan lakukan sentuhan dengan cara mengusap perut isteri, untuk kaum Muslim biasanya diperbanyak membaca atau mengumandangka ayat suci Al-Qur’an.

Keenam, periksakann kehamilan secara teratur ke bidan atau dokter kandungan, apabila ada keluhan atau sakit segera mencari pertolongan  bidan atau dokter terdekat dan percayakan semua pada ahlinya.


Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar